Polhukam

Viva Yoga: PAN Calonkan Amien Rais Presiden 2019

PARLEMENTARIA.COM– Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN), Viva Yoga Mauladi menngaku, partai pimpinan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan itu serius mencalonkan Prof Dr Amien Rais sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut merupakan figur yang cocok menduduki posisi itu. PAN serius mencalonkan Amien Rais running for President 2019. Kami memiliki alasan kuat untuk pencalonan tersebut,” kata Viva Yoga, Minggu (10/6).

Dia menilai, Amien tidak hanya memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, beliau juga cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan cinta rakyat Indonesia.

Menurut Viva, Amien memiliki konsep dan kapasitas kepemimpinan dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya NKRI.

“Amien Rais masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan.”

Viva Yoga mengatakan PAN juga mengusulkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasehat PAN Soetrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sebagai Capres 2019.

PAN, dikemukakannya, akan memfinalisasi keputusan partai tentang pasangan calon presiden/ cawapres, melalui penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN setelah Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengisyaratkan maju menjadi Calon Presiden RI periode 2019–2024. Hal itu disampaikan Amien Rais usai berbuka puasa di Rumah Dinas Ketua Umum MPR, Zulkifli Hasan di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

Amien menjelaskan PAN punya empat calon presiden untuk ditawarkan ke koalisi, yaitu dirinya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, serta dua mantan Ketua Umum PAN Sutrisno Bachir dan Hatta Radjasa.

Sebelumnya, dalam peringatan 20 tahun reformasi, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mendorong Amien Rais maju sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2019.

“Melihat bagaimana ketokohan Pak Amien dalam perjuangan reformasi 1998 dan berkaca pada pemilu Malaysia yang dimenangkan oleh Mahatir Mohammad pada usia 93 tahun, Pak Amien masih cocok menjadi pemimpin nasional,” kata Fahri.

Menurut dia, usia Amien Rais lebih muda 20 tahun dari Mahatir Mohammad, dan Amien Rais tampak masih lebih sehat. Amien Rais merupakan tokoh perjuangan reformasi 1998. Yang bersangkutan juga deklarator PAN.

“Kenapa saya menyebut nama Pak Amien, karena beliaulah tokoh yang berjuang pada era reformasi sehingga tahu betul bagaimana konsep reformasi,” kata Fahri.

Pada perjuangan reformasi, Amien Rais berani menyuarakan wacana pergantian kepemimpinan nasional. Padahal, kata dia, kepemimpinan Presiden Soeharto saat itu sangat kuat.

Sangat jarang tokoh yang berani menyuarakan pergantian kepemimpinan nasional secara vokal. “Pak Amien berani menyuarakan wacana suksesi pada forum-forum resmi,” kata wakil rakyat dari Nusa Tenggara Barat ini.

Sementara itu, Amien Rais mengatakan, kalau dirinya disebut tokoh reformasi, sesungguhnya adalah salah satu dari banyak tokoh reformasi, karena saat itu banyak tokoh yang tampil pada perjuangan reformasi.

“Kalau nama saya disebut tokoh reformasi, mungkin karena saya yang tampil di antara ratusan ribu mahasiswa dan menyampaikan permohohan agar Presiden Soeharto mundur dari jabatannya,” demikian Amien Rais. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top