Kesra

Libur Panjang, Persiapan Haji Jalan Terus

PARLEMENTARIA.COM –  Kendati libur lebaran 2018 semakin panjang, namun Kementerian Agama terus melakukan persiapan bagi penyelenggaraan haji tahun 1439 Hijriah ini, yang akan mulai memberangkatkan jamaah haji Indonesia pada pertengahan Juli ini.

 

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori mengungkapkan, pihaknya tengah berupaya menyelesaikan dokumentasi jamaah haji yang berangkat tahun ini. Tahun 2018 ini kuota jamaah Indonesia sebanyak 221 ribu terdiri dari 204.000 jamaah haji reguler dan 17.000 jamaah haji khusus,

 

Ahda mengatakan, untuk proses penyelesaian dokumen jamaah berupa paspor dan pemvisaan pada masa libur panjang ditugaskan beberapa orang pegawai sehingga dokumen tersebut pada hari H nya dapat dipergunakan jamaah.

 

“Meski libur panjang ada yang bertugas sebanyak 20 orang untuk penyelesaian dokumen,” kata Ahda di Jakarta, baru-baru ini.

 

Sementara Direktur Bina Haji  Kemenag  Khoirizi H Dasir mengatakan, libur panjang tetap melakukan persiapan agar pelayanan haji tahun ini berjalan baik dan lancar.

 

“Meski libur kita terus pantau persiapan, agar petugas haji nanti bekerja maksimal melayani jamaah,” ujarnya.

 

Untuk melayani 221 ribu jamaah, Kemenag telah menyiapkan 4.100 petugas yang akan bertugas sebagai petugas kloter dan non kloter. Para petugas itu ditempatkan di berbagai tempat di Makkah, Madinah dan Jeddah, dan pada puncak prosesi haji seluruhnya bertugas di Arafah, Muzdalifah dan Mina. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top