Polhukam

Parlemen Kazakhstan Apresiasi Peran DPR dalam Forum Internasional

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua Majlis Kazakhstan Vladimir Bozhko mengapresiasi positif peran Indonesia dalam berbagai forum regional maupun Internasional termasuk di OKI. “Indonesia menempati peran penting dalam sistem kebijakan luar negeri Kazakhstan,”ujar Bozhko kepada delegasi muhibah parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto.

Pada kesempatan itu, Parlemen Kazakhstan melihat bahwa Indonesia sebagai salah satu negara sentral di Asia Tenggara dan mitra yang signifikan di Asia dan dunia Islam. “Karena itu kita mengharapkan kerjasama antar Parlemen kedua negara dapat ditingkatkan dalam berbagai forum bilateral maupun multilateral,”ujar Bozhko.

Menurut Bozhko, saat ini dunia sedang menghadapi persoalan yang sama serta telah menjadi semacam agenda Internasional seperti perang melawan terorisme, narkoba, serta dialog antara dunia muslim dan barat yang intensif.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto, Dia mengatakan, DPR mendukung peningkatan kerjasama antar Parlemen BB baik bilateral maupun forum multilateral. “Parlemen Kazakshtan juga mempertanyakan beberapa point diantaranya tindak lanjut MoU antar kedua negara,”ujarnya seusai pertemuan tertutup dengan Parlemen Kazakshtan.

Menurut Utut, Parlemen Kazakhstan mengharapkan Indonesia dapat berperan aktif didalam kegiatan food security OKI dan berbagai forum religious internasional affair di masa mendatang.

Kunjungan Muhibah Wakil Ketua DPR Utut Adanto ke Kazakshtan tanggal 2 Mei-1 Juni 2018, diikuti oleh 9 orang anggota DPR dari berbagai Fraksi, diantaranya Alex Indra Lukman (F-PDIP), Sudin (F.PDIP), Arif Wibowo (F.PDIP), Irene Yusiana Roba Putri (F.PDIP), Robert Joppy Kardinal (F.PG), Nuroji (F.Partai Gerindra) dan Dadang Rusdiana (F.Partai Hanura). (si/chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top