Polhukam

Jazuli: Peringatan Pancasila Momentum Rekat Persatuan Dan Kepedulian Sosial

PARLEMENTARIA.COM– Beragam cara dan kegiatan dilakukan untuk memaknai dan memperingati Hari Pancasila 1 Juni 2018. Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), DPR RI, Jazuli Juwaini memilih kegiatan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang dirangkai dengan pembagian paket sembako kepada warga Ciputat di kediamannya (Jum’at, 1/6).

“Hari ini adalah hari penuh berkah. Di bulan penuh berkah kita berkumpul dan bersilaturahim sekaligus memaknai hari Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni,” kata Jazuli mengawali sambutan di hadapan lebih dari 1.000 warga yang berkumpul di halaman Yayasan Al Ummah, Ciputat, Tangerang.

Menurut Jazuli, pembagian 1000 paket sembako ini rutin dilakukan setiap bulan ramadhan. Ini sebagai bentuk rasa syukur, cinta dan kepadulian kepada warga di bulan penuh berkah.

“Kali ini terasa istimewa karena dirangkai dengan hari Pancasila sehingga Anggota Komisi I ini sekaligus dapat mengajak warga untuk semakin menjiwai Pancasila,” kata anggota Komisi I DPR RI ini.

Pancasila adalah dasar negara kita yang menjadi identitas dan karakter bangsa Indonesia. “Ini harus kita jiwai dan praktekan dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila harus kita posisikan sebagai alat perekat persatuan, platform bersama serta ideologi dalam berbangsa dan bernegara,” kata Jazuli.

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Banten ini menekankan pentingnya kembali menghayati dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat mengingat tantangan dan ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kompleks dan eksesif.

Banyak tantangan dan ancaman yang kita hadapi sebagai bangsa mulai dari dekadensi moral, budaya liberal tanpa batas, terorisme dan radikalisme, hoaks dan ujaran kebencian, gesekan sesama anak bangsa yang mengancam persatuan, dan lain sebagainya.

“Semua itu solusinya ada pada Pancasila jika kita mau kembali menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehati-hari secara konsekuen,” kata Jazuli.

Karena itu, Jazuli mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk menjadikan Hari Pancasila ini sebagai momentum merekat persatuan, karena dengan bersatu kita dapat mengatasi atau menghadapi tantangan dan ancaman bangsa tersebut.

“Satu cara yang efektif agar kita bersatu adalah dengan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama warga. Apalagi di bulan penuh berkah ini kepedulian kita bukan saja mengokohkan persatuan, tapi sekaligus bernilai ibadah yang pahalanya berlipat ganda,” demikian Jazuli Juwaini. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top