Kesra

Bersedekah bisa memakai Go-Pay

 

PARLEMENTARIA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng perusahaan penyedia jasa transportasi Gojek meluncurkan program sedekah non-tunai. Dengan program memakai kode QR atau QR Code masyarakat dapat membayar sedekah lewat Go-Pay.

 

“Sedekah ini kami rancang untuk bisa diterima masyarakat luas, baik segmen pemula atau utama sehingga orang bisa bersedekah lebih mudah lagi,” kata Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta di  Jakarta, Rabu (16/5/2018).

 

Arifin mengatakan, bagi yang ingin bersedekah cukup memindai QR Code yang telah dipasang di beberapa tempat lewat aplikasi Go-Jek. Setelah itu, aplikasi akan mendeteksi secara otomatis masyarakat dapat langsung memasukkan nominal uang yang ingin disedekahkan. “Dengan program ini masyarakat akan merasa lebih aman karena uang yang disedekahkan langsung masuk ke kas Baznas,” ujarnya.

 

Untuk penempatannya sendiri, kata Arifin, QR code ini telah dipasang di 36 gerai Baznas di mall, perkantoran, serta fasilitas publik se-Jabodetabek. Selain itu QR Code juga sudah dipasang di beberapa papan reklame, stasiun kereta api, serta 23 gerbong kereta api.

 

“Program kerja sama ini akan dimulai di Jabodetabek terlebih dahulu. Kedepannya akan memasang QR Code di seluruh Indonesia. Kami akan memilih dulu wilayah yang penggunaan Go-Pay-nya terbanyak dan akan berusaha menyebarkan gambar QR Code ini di berbagai titik wilayah tersebut,” katanya.

 

Sementara Managing Director Go-Pay Budi Gandasoebrata mengatakan, pihaknya tidak memasang target besaran sedekah yang akan diterima selama bulan Ramadan lewat program ini. Ia pun menyebut program ini tidak ditargetkan bagi kaum muda saja, tapi untuk seluruh pengguna Go-Pay yang ingin bersedekah. “Tidak ada biaya transaksi yang ditetapkan. Semua uang yang disedekahkan secara utuh langsung masuk ke kas Baznas,” kata Budi. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top