Daerah

Sulut Kewalahan Terima Kunjungan Wisatawan dari China

PARLEMENTARIA.COM-Kepala Bappeda Sulawesi Utara Dr. Ir. Ricky Toemandoek mengungkapkan, provinsi Sulut memiliki potensi besar dalam bidang kelautan, terutama dari sisi pariwisata.

“Namun potensi itu masih terkendala sumber daya manusia, infrastruktur dan keterbatasan pelayanan imigrasi,” ungkap Ricky Toemandoek kepada peserta Pressgathering Wartawam Parlemen, di Manado, Jumat (13/4/2018) malam.

Menurut Ricky, setiap pesawat dari China membawa 200 wisatawan, tetapi hanya dilayani enam orang petugas imigrasi. Akibatnya, kalau ada beberapa kali penerbangan dari Cina, petugas imigrasi Sulut kewalahan.

“Karena itu, Gubernur Sulut meminta untuk membatasi wisatawan dari Cina sebelum ada penambahan petugas imigrasi,” ucapnya.

Sedang kendala lainnya, Ricky menyebutkan apron di Bandara Sam Ratulangi Manado selalu penuh pesawat yang parkir setiap malam. “Pesawat terpaksa harus parkir di Gorontalo. Tapi, kita sedang merencanakan pembagunan bandara alternatif di Bitung. Landasan bisa mencapai 4.000 meter. Pembangunan bandara alternatif ini sudah ditawarkan ke pemerintah Cina,” ungkapnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top