Polhukam

Ketua DPR Setuju Sistem Pilkada Langung Ditinjau Kembali

PARLEMENTARIA.COM – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo setuju sistem pemilihan kepala daerah (pilkada) ditinjau kembali seiring banyak ditemukannya tindak pidana korupsi yang menjerat para calon kepala daerah, termasuk petahana.

“Kami akan mengajak KPK berdiskusi, apakah harus kita tinjau kembali sistem pemilihan yang ada. Mungkin pemilihannya bisa lewat sistem perwakilan yang ada sebagai pencegahan,” kata Bambang, menjawab pernyataan wartawan di Gedung KPK, Senin (12/3/2018).

Menurut dia, mengembalikan Pilkada ke sistem perwakilan di DPRD jadi opsi yang memungkinkan. Karena pemilihan dilakukan DPRD lebih efektif dan mudah untuk mengawasi orang daripada mengawasi banyak orang, banyak calon, dan banyak kepentingan pula yang bermain dalam Pilkada langsung.

“Pilihan demokrasi kita yang mahal ini jadi penyebab utama para calon kepala daerah maupun incumben melakukan tindakan korupsi,” ujar Bamsoet, begitu dia akrab disapa.

Bagi para calon kepala daerah, sambung Bamsoet, puluhan milyar harus keluar dari kantong pribadinya. Bila kelak terpilih, dipastikan mereka harus berpikir bagaimana mengembalikan dana yang sudah dikeluarkannya selama kampanye.

“Modal politik untuk ikut Pilkada dengan sitem langsung sekarang ini memang sangat mahal menjadi sumber kerawanan munculnya tindak pidana korupsi,” ujarnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top