Ekonomi

Utang Sudah Rp4.754 Triliun, Ketua DPR Ingatkan Pemerintah

PARLEMENTARIA,COM – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan pemerintahan Jokowi untuk berhati-hati dalam mengelola utang luar negeri (ULN).

Hingga akhir Februari 2018, utang luar negeri Indonesia membengkak hingga Rp 4.754 triliun. “Bagaaimana pun, cicilan utang Luar Negeri ini semakin membebani APBN,” kata Bamsoet, Rabu (7/3/2018).

Memang diakui Bamsoet, meski rasio jumlah utang luar negeri Indonesia terhadap PDB masih di bawah 30 persen, namun pemerintah perlu memperhatikan kemampuan untuk membayar utang tersebut. “Apalagi dengan anjloknya kurs rupiah terhadap nilai tukar dolar sekarang ini,” kata politisi Partai Golkar itu.

Karena itu, dia melalui Komisi XI DPR (membidangi keuangan) untuk mendorong pemerintah untuk berhati-hati dalam mengelola utang Negara. “Sebaiknya dana utang digunakan untuk sektor-sektor produktif yang mampu menghasilkan penerimaan Negara,” ujarnya.

Kemudian dia juga meminta Komisi XI DPR mendorong Kementerian Keuangan untuk memperhatikan dan mencari solusi terhadap rendahnya penerimaan Negara.

“Kita perlu mendorong Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Pajak untuk memenuhi target penerimaan pajak 2018,” kata Bamsoet. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top