Legislasi

Bamsoet Minta Anggota DPR Selesaikan RUU Sesuai Tenggat Waktu

PARLEMENTARIA.COM– Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta semua anggota dewan untuk sungguh-sungguh Menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan.

“Produktivitas legislasi menjadi tolak ukur untuk menilai kinerja dan citra DPR. Sebab itu, dalam waktu yang tak terlalu lama, kita harus memberikan optimis kepada rakyat, yaitu dengan bersungguh-sungguh menyelesaikan pembahasan RUU,” ungkap Bambang saat membacakan Pidato Penutupan Persidangan 2017-2018 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/2).

Bamsoet sapaan akrab Bambang, DPR telah menyelesaikan pembahasan RUU Perubahan Undang-Undang No: 17/2014 tentang MD3 dan mengesahkan dua RUU usul inisiatif DPR.

“Kita sudah sepakat untuk mengedepankan kualitas dalam pembahasan RUU. Namun, mengingat banyaknya masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang perlu dituangkan dalam UU, maka dalam Prolegnas RUU Prioritas 2018 disepakati 50 RUU,” kata dia.

Dari jumlah itu, lanjut wakil rakyat dari Dapil Jawa Tengah ini, 23 RUU masih dalam proses pembahasan termasuk 3 RUU komulatif terbuka. “Sisanya 15 RUU masih dalam proses penyusunan di DPR, 5 RUU menunggu surat dari presiden, sedangkan 8 RUU dalam penyusunan di tangan pemerintah.”

Mengingat dalam membahas RUU juga butuh peran pemerintah, poltisi partai Golkar itu juga mengingatkan dan berharap pemerintah juga mempunyai semangat yang sama untuk melaksankan akselerasi dalam memyelesaikan RUU.

Pada pelaksanan fungsi anggaran, dia mengharapkan pemerintah bekerja untuk memastikan tercapainya target penerimaan negara yang disepakati. Pemerintah juga harus memastikan, pengeluaran setiap triwulan dapat direalisasikan sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan.

“DPR berkomitmen bahwa untuk meningkatkan target penerimaan negara. Karena itu, revisi UU tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan dan revisi UU Penerimaan Negara Bukan Pajak, dapat segera diselesaikan, paling lambat pada masa sidang selanjutnya,” demikian Bambang Soesetyo. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top