Legislasi

Pimpinan MPR Jadi 8 Orang dan DPR 6 Orang

PARLEMENTARIA.COM – Dalam rapat kerja Baleg dengan Menkumham yang pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), Kamis (7/2/2018) dinihari, disepakati penambahanan kursi Pimpinan MPR dan Pimpinan DPR.

Kursi Pimpinan MPR ditambah 3 dan DPR bertama 1 kursi. Dengan demikian, maka jumlah Pimpinan MPR akan menjadi 8 orang dan Pimpinan DPR menjadi 6 orang.

Jatah penambahan kursi Pimpinan MPR dan DPR itu akan diambil masing-masing satu kursi oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai pemenang pemilu 2014 yang selama ini tidak masuk dalam komposisi pimpinan DPR dan MPR.

Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas menjelaskan revisi Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) tidaklah semata-mata menambah kursi pimpinan dalam lembaga legislatif.

Menurutnya, penambahan pimpinan itu hanya dinamika politik. Yang menjadi inti dari revisi ini adalah penguatan fungsi legislasi, yang dibarengi badan spesifik yang melaksanakannya, yaitu Badan Legislasi.

“Ini soal dinamika politik saja, karena memang semangatnya bagaimana penambahan pimpinan itu bisa menimbulkan kualitas kerja bisa lebih maksimal lagi. Yang paling penting dalam perubahan Undang-Undang MD3 kali ini mengatur soal inti yang kita sepakati dengan pemerintah, adalah bagaimana menjawab tantangan fungsi legislasi,” papar Supratman menjelaskan keputusan rapat.

Namun, lanjut Supratman, keputusan ini hanya berlaku hingga tahun 2019. Setelahnya, penentuan pimpinan DPR akan ditentukan secara proporsional mekanismenya, siapa partai pemenang pemilu akan jadi Ketua DPR, dan urutan kedua sampai kelima akan jadi Wakil Ketua.

“Merefleksikan soal keterwakilan pimpinan itu menggambarkan hasil pemilu yang lalu. Sehingga berdasarkan urutan-urutan itu lah yang diputuskan menempati posisinya baik di DPR maupun MPR,” imbuh politisi F-Gerindra itu. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top