Pengawasan

Junimart Girsang Nilai Hakim Agung Non Karir Cenderung Mencari Kerja

PARLEMENTARIA.OM – Anggota Komisi III DPR PDIP Junimart Girsang menilai integritas para hakim karir yang ditempatkan di Mahkamah Agung (MA) lebih baik daripada para hakim non karir.

“Komisi Yudisial (KY) perlu mempertimbangkan hal ini sebelum diajukan ke Komisi III DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Kami tak mau menelan bulat-bulat para calon hakim yang diajukan KY. Komisi III berharap, para calon hakim agung itu diutamakan dari kalangan hakim karir, bukan non karir,” katanya dalam rapat konsultasi Komisi III dengan Mahkamah Agung, di gedung MA, Senin (05/2/2018).

Menurut Anggota F-PDI Perjuangan itu, orientasi kerja hakim karir di MA lebih jelas. Mereka, kata Junimart, menjadi hakim untuk bekerja. Sementara hakim agung non karir cenderung hanya untuk mencari kerja.

“Tentu tidak semua hakim non karir bernilai negatif. Hakim Agung non karir seperti Artidjo Alkostar sangat berintegritas. Mungkin jumlahnya dari 1000 hakim hanya satu yang seperti Artidjo,” jelasnya.

Menurut dia, kalau hakim non karir dominan mencari kerja bukan untuk kerja. Kalau hakim karir betul-betul dia mau kerja. “Ini harus jadi masukan dari MA untuk seleksi calon hakim agung di KY. KY juga agar berhati-hati ke depan. Kerja hakim non karir tidak maksimal. Tapi tidak semua begitu,” ujarnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top