Pengawasan

Saat Ini Dibutuhkan 4.000 Calon Hakim

PARLEMENTARIA.COM – Ketua Mahkamah Agung (MA) M.Hatta Ali mengungkapkan bahwa saat ini banyak pengadilan di daerah kekurangan hakim, baik Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua MA Hatta Ali saat rapat konsultasi dengan Komisi III DPR, di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Senin (5/2/2018). Komisi III dipimpin ketuanya Kahar Muzakir.

Di hadapan pimpinan dan anggota Komisi III, Hatta Ali menyampaikan, setidaknya saat ini dibutuhkan 4000 calon hakim untuk mengisi semua jenis dan level pengadilan di seluruh Indonesia. “Yang baru terseleksi sekitar 1.000 calon hakim. Banyak pengadilan di daerah saat ini kekurangan hakim,” jelasnya.

Selain kekuarang hakim di berbagai level pengadilan, Ketua MA juga menyebutkan bahwa di MA sendiri ada ada beberapa hakim seniornya yang akan memasuki masa purna bakti.

Terkait, kinerja MA selama 2017, Ketua MA menyampaikan bahwa dari 15.505 perkara yang masuk ke MA pada 2017, masih tersisa 1.388 perkara saja. Penyelesaian perkara ini mencapai 92,93 persen dari target yang ditetapkan sebesar 70 persen.

Menanggapi laporan Ketua MA, Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir mengatakan bahwa untuk memenuhi kekurangan hakim tersebut serta untuk meningkatkan kinerja MA dibutuhkan anggaran yang memadai.

Komisi III merespon dengan baik kebutuhan tambahan personil hakim dan anggaran MA tersebut. “Untuk itulah kami adakan rapat konsultasi dengan Pimpinan MA,” katanya saat memimpin rapat tersebut. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top