Info Kesekjenan

Djaka Dwi Winarko Beri Pemahaman Parlemen Modern Bagi Tenaga Ahli

PARLEMENTARIA.COM – Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan DPR RI Djaka Dwi Winarko berharap, dengan adanya pembekalan bagi tenaga ahli anggota, fraksi, dan komisi dapat mendukung anggota DPR RI dalam mendekatkan diri kepada konstituennya, melalui kontribusi tenaga ahli di ranah teknologi informasi. Mengingat ciri-ciri parlemen modern salah satunya adalah adanya keterbukaan, transparansi, dan representasi atau keterwakilan.

“Kita punya banyak sarana komunikasi di parlemen ini, salah satunya kita punya media cetak yaitu majalah dan buletin parlementaria. Lalu kita punya TV Parlemen, kita juga punya media sosial. Ini semuanya sebagai instrumen atau sebagai alat untuk menyampaikan atau mendeliver apa-apa yang terjadi dan dikerjakan oleh wakilnya di DPR ini supaya masyarakat tahu apa yang dikerjakan oleh wakil-wakilnya di sini,” papar Djaka saat mempresentasikan peran tenaga ahli sebagai pendukung parlemen modern dengan memanfaatkan teknologi informasi di acara pembekalan Tenaga Ahli di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, Senin (05/2/18).

Selain itu, lanjutnya, lewat saluran yang sama masyarakat juga bisa menyampaikan masukan-masukannya, kritikannya, aspirasi-aspirasinya ataupun sarannya kepada dewan supaya lebih baik. Dan yang lebih penting lagi sekarang sudah menggunakan IT, tambahnya.

Menurut Djaka, pentingnya lembaga ini karena merupakan salah satu lembaga negara yang sangat penting mempresentasikan masyarakat, sehingga masyarakat harus tahu dan paham. “Dengan masyarakat tahu maka nanti ada kepercayaan yang timbul pada lembaga. Karena kalau tidak ada kepercayaan pada lembaga ini akan berbahaya pada jalannya demokrasi,” imbuhnya.

Selain pemahaman terkait peran tenaga ahli sebagai pendukung parlemen modern, ada juga pemahaman terkait pemanfaatan block anggota DPR RI untuk mendukung kegiatan anggota yang disampaikan oleh Pranata Komputer Muda Erdinal Hendradjaja. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top