Polhukam

Mendagri Minta Calon Kepala Daerah Adu Konsep di Depan Masyarakat

PARLEMENTARIA.COM– Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo minta calon pemimpin daerah beradu konsep dari pada saling hujat atau kampanye hitam sebagai bentuk pendidikan politik kepada masyarakat.

Dia juga mengajak masyarakat melawan praktik politik uang dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. “Mari kita lawan praktik politik uang yang merusak kehidupan berdemokrasi,” kata Tjahjo dalam Rapat Kerja Gabungan (Rakergab) Komisi II, Komisi III dan Pimpinan DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (11/1).

Diakui, politik uang telah merusak kehidupan berdemokrasi di Indonesia karena hanya orang-orang punya uang banyak yang bisa menjadi kontestasi Pilkada atau Pemilihan Umum Legislatif dan presiden (Pileg/Pilpres). Ujung politik uang adalah munculnya politik transaksional demi kepentingan penguasaan bisnis tertentu.

Karena itu, kata Tjahjo, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penyelenggara perlu membuat program buat calon kepala daerah untuk beradu konsep dalam bentuk program untuk kesejahteraan rakyat.

“Program itulah yang ditagih rakyat untuk pembangunan wilayah mulai lingkungan, desa/kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten/kota serta provinsi dan nasional, yang berkesinambungan,” jelas Tjahjo. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top