Polhukam

Kapolri Berjanji Netral di Pilkada Serentak 2018

PARLEMENTARIA.COM – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian berjanji akan mengedepankan netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 yang akan digelar 27 Juni nanti.

Bahkan Tito meminta masyarakat melaporkan setiap indikasi kecurangan anak buahnya lantaran ketidaknetralan dalam penyelenggaraan Pilkada 2018.

“Silakan masyarakat melapor melalui mekanisme pelayanan kepolisian di daerah masing-masing. Aparat kami ada sampai tingkat terendah yaitu Bhabinkamtibmas di kelurahan,” kata Tito dalam Rapat Konsulatasi Persiapan Pilkada Serentak 2018, di Gedung DPR, Kamis (11/1).

Rapat konsultasi tersebut dipimpin Plt Ketua DPR Fadli Zon yang diikuti Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua KPK, Kapolri, Kejaksaan Agung Komisi II dan III DPR.

Dikatakan Tito, pelaporan terhadap indikasi anggota Polri melakukan kecurangan karena tidak netral terhadap pasangan calon merupakan bentuk pengawasan internal Polri.

Karena itu, Tito melarang anggotanya foto bersama atau selvie dengan pasangan calon kepala daerah atau wakil kepala daerah yang ikut Pilkada nanti.

Diketahui, dalam Pilkada Serentak 2018, muncul sejumlah perwira tinggi TNI dan Polri seperti Irjen Murad Ismail, Anton Charliyan dan Irjen Safaruddin yang menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.(chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top