Pengawasan

Harga Beras di Pasar Melambung, DPR Segera Panggil Kementan dan Dirut Bulog

PARLEMENTARIA.COM– Komisi IV DPR RI segera memanggil Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman terkait melambung tajamnya harga beras di pasar beberapa pekan belakangan ini.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Michael Watimena memberi catatan terhadap Kinerja Andi Amran Sulaiman. Pasalnya, sebelum reses DPR RI pertengahan Desember lalu, sempat dinformasikan bahwa Bulog hanya memiliki stock beras yang cukup yakni di atas 2 juta ton.

Namun, kenyataannya sampai awal Januari 2018 stock beras di Bulog tidak lebih satu juta ton. Itulah yang menurutnya ikut menyebabkan melambungnya harga beras di pasaran.

Waktu Komisi IV reses, informasi dari Bulog, stock beras di atas dua juta ton. Ternyata kondisi akhir-akhir ini menunjukan, stock beras di Bulog tak lebih dari satu juta ton.

Kondisi ini membuat supply beras ke pengecer menjadi terbatas yang akhirnya beras pasar juga berkurang. Sementara permintaan dari masyarakat terhadap beras relatif normal.

“Inilah yang membuat harga di pasaran meningkat dan akhirnya membuat masyarakat menjerit. Kami panggil Mentan dan mempertanyakan masalah,” kata Michael di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (8/1).

Selain Mentan, Komisi IV juga bakal memanggil Dirut Perum Bulog karena selama ini keduanya selalu optimis stock beras relatif tersedia, sehingga masyarakat diminta tidak khawatir atau takut dengan ketersediaan beras di pasaran untuk ke depannya.

Namun, ucapan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang saat ini terjadi di lapangan atau di masyarakat. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mendorong Menteri Pertanian dan Bulog bersama elemen pemerintahan lainnya untuk segera mengatasi melonjaknya harga bahan pangan seperti beras tersebut. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top