Pengawasan

Dilarang Luhut, DPR Minta Susi Lanjutkan Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

PARLEMENTARIA.COM– Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmad Handoyo meminta Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melanjutkan kebijakan menenggelamkan kapal yang berani mencuri ikan di laut Indonesia.

Meski tindakan peneggelaman kapal sudah dilakukan tiga tahun terakhir ini, kata Rahmad, tetapi pencurian ikan di laut Indonesia masih kerap terjadi. “Apa jadinya kalau penenggelaman kapal yang sudah terbukti menimbulkan efek jera itu sampai dihentikan,” ungkap Rahmad sebelum Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (9/1).

Rahmad menilai, penenggelaman kapal tetap perlu dilakukan terhadap kapal-kapal asing yang kerap mencuri ikan di laut Indonesia. Soalnya, pencurian ikan tersebut sangat merugikan nelayan Indonesia.

Menurut dia, aksi penenggelaman kapal yang melakukan pencurian ikan pun sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Sekali lagi, aksi penenggelaman kapal yang selama ini dilakukan Menteri Susi bisa menimbulkan efek jera.

“Karena itu, kebijakan ini harus tetap dilanjutkan, bukan malah dihentikan. Lagi pula, aksi penenggelaman kapal kan sudah diatur Undang-undang. Jadi kenapa mesti dihentikan,” jelas politisi asal Dapil Jawa Tengah tersebut.

Seperti diberitakan, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinator bersama dengan sejumlah menteri yang berada di bawah koordinasinya, kemarin.

Luhut meminta, Menteri Susi agar ke depan tidak ada penenggelaman kapal lagi. Alasannya, sekarang Indonesia fokus bagaimana meningkatkan produksi supaya ekspor meningkat. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top