Polhukam

Koalisi Papan Bawah, Ridwan Kamil Duet Dengan Uu Untuk Jawa Barat

PARLEMENTARIA.COM– Pemilihan Gubernur dan Wakil Jawa Barat yang digelar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pertengahan tahun ini diikuti tiga pasangan.

Pasangan terakhir yang terbentuk adalah duet Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulun yang diusung partai papan bawah di kancah politik nasional yakni PPP, NasDem, PKB dan Hanura.

Kepastian pasangan ini maju setelah wakil partai koalisi membahas hal itu di Jakarta, Sabtu (6/1) malam. “Alhamdulillah, tercapai kesepakatan untuk mengusung Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul,” kata Ketua Pemenangan Pemilu
DPP PPP, Dayat Hidayat.

Dalam pertemuan partai koalisi itu, PPP dan Hanura dipimpin langsung Romahurmuziy dan Oesman Sapta Odang. PKB diwakili Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Daniel Johan dan Partai NasDem diwakili Ketua Bappilu, Enggartiasto Lukito.

Dikatakan, rencananya rekomendasi diterbitkan, Minggu (7/1). “Jadi, nanti pasangan calon yang langsung akan roadshow untuk mengambil surat rekomendasi dari NasDem, PKB, dan Hanura. Kalau dari PPP kan sudah,” kata Dayat yang memastikan Emil-Uu segera didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung purnawirawan Sudrajat dengan Ahkmad Syaikhu.

Sudrajat merupakan purnawirawan bintang tiga. Terakhir dia dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Duta Besar Indonesia untuk China. Sekarang dia aktif diberbagai kegiatan sosial terutama di Jawa Barat, sedangkan Syaikhu masih menjabat sewakil Wakijota Bekasi.

Satu pasangan lagi adalah koalisi Partai Demokrat dengan Golkar yang mengusung Deddy Mizwar yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi. Deddy Mizwae adalah petanaha dan saat ini wakil gubernur Jawa Barat, sedangkan Dedi Mulyadi merupakan ketua DPD Golkar Jawa Barat dan Bupati Purwakarta.

Satu0sayunya partai yang jelas memberikan dukungan adalah PDI Perjuangan. Partai pemenang pemilu legislatif 2014 itu belum diketahui bergabung dengan koalisi mana karena tidak memenuhi persyatan memgusung calon sendiri. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top