Polhukam

Usung Djarot Untuk Sumut, Pangi Chaniago: Parpol Gagal Lakukan Kaderisasi

PARLEMENTARIA.COM– Salah satu tugas partai politik (parpol) dalam berdemokrasi adalah menyiapkan kader berkualitas yang mempunyai visi dan misi jauh ke depan serta mumpuni untuk maju menjadi wakil rakyat, pemimpin daerah maupun pemimpin bangsa.

Bila buat pemilihan kepala daerah, kata Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago kepada Parlementaria.com melalui WhatsApp (WA), Kamis (4/1), partai politik itu memajukan calonnya dari daerah lain atau mengusung calon bukan kader partai sendiri, itu namanya partai politik tersebut gagal melakukan kaderisasi.

Namun, ungkap dosen ilmu politik Universitas Islam (UIN) Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu, sebenarnya hanya sedikit dari sekian banyak partai politik yang ada di Indonesia melakukan kaderisasi dengan baik.

“Sebagian besar partai politik di Indonesia tidak melakukan kaderisasi dengan baik. Jadi, ini merupakan cerita lama. Parpol tersebut kekeringan kader. Padahal, parpol itu tidak melakukan sebagaimana mestinya,” kata Pangi menanggapi keputusan PDIP mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat

Karena parpol gagal melakukan kaderisasi tetapi tetap berusaha maju seperti dalam pemilihan kepala daerah, langkah tercepat adalah dengan cara mendatangkan kader dari daerah lain atau mengusung kader dari partai lain.

“Saya melihat, parpol di Indonesia itu seperti olahraga juga. Karena tidak mampu mencetak pemain, olahraga itu melakukan naturalisasi pemain. Seperti PSSI lah kalau di olahraga,” kata dia.

Harusnya, lanjut pria kelahiran Sijunjung, Sumatera Barat ini, parpol harus mampu mencetak kader partai menjadi pemimpin. “Harusnya ada program yang jelas untuk itu. Pilkada atau pileg kan tidak datang begitu saja. Kan sudah ada programnya. Jadi, parpol harus menyiapkan kader dengan target tertentu,” kata dia.

Menurut Pangi, banyak parpol di Indonesia yang melakukan jalan pintas. Soalnya, melakukan kaderisasi butuh waktu lama. “Partai tidak mau repot dan lebih suka dengan cara jalan pintas yaitu outsourching figur atau

tokoh eksternal karena tidak ada lagi kader yang populis yang dapat

dijual kepada rakyat.”

Seperti diberitakan, PDI Perjuangan resmi mengusung mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat untuk Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri langsung menyampaikan pengusungan ini.

“Orang yang bagus, sangat serius, yang menurut saya pasti akan bisa dan tidak perlu panjang lebar saya masukkan Pak Djarot ke sana (Sumatera Utara),” kata Megawati.

Menurut Mega, alasan memilih Djarot untuk maju di Pilgub Sumut karena sosok Djarot yang muda dianggap bisa memajukan daerah Sumut menjadi pusat perekonomian nasional. Itu juga sudah sesuai upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Saya lihat keadaan di Sumut itu adalah sebuah provinsi yang sangat penting dan strategis. Pak Jokowi saja sedang berjuang untuk menjadikan (Sumut) pusat perekonomian nasional karena letaknya itu strategis.”

Pihaknya masih mengurus administrasi rekomendasi buat Djarot. Rencana akan diberikan, Minggu (7/1). Mudah-mudahan dengan ini rakyat Sumut bisa melihat dan bisa menerima Pak Djarot di sana,” kata Megawati.

PDIP juga mengumumkan resmi para cagub dan cawagub yang diusungnya untuk Pilgub di Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Lampung.

Siapa sebagai pendamping Djarot pada Pilgub Sumut? Menyikapi hal itu, Djarot mengakui, saat ini dirinya sedang menjalin komunikasi untuk menentukan calon yang akan mendampinginya.

“Saya diberi tugas untuk mempersiapkan pilgub di Sumut, termasuk berkomunikasi untuk tentukan bakal calon wakil lainnya yang akan diumumkan 7 Januari 2018,” ujar Djarot.

Diungkapkan, sejauh ini sudah beberapa partai yang telah berkomunikasi dengannya antara lain Hanura, PPP dan Partai Golkar. Untuk bertarung di Sumut, PDIP masih butuh empat kursi agar bisa mengusungnya. “Karena itu, saya melakukan komunikasi dengan beberapa parpol untuk menentukan calon wakilnya. Kami masih kurang 4 kursi,” kata Djarot. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top