Polhukam

Rakyat Minta Golkar Siapkan Kader Bersih Pengganti Setya Novanto di DPR

PARLEMENTARIA.COM– Rakyat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil meminta Partai Golkar menyiapkan kader tepat dan tidak tersangkut kasus korupsi serta perbuatan tercela lainnya untuk menggantikan kursi Ketua DPR RI.

Seperti diberitakan, kursi Ketua DPR RI dilepas Setya Novanto setelah yang bersangkutan ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terjerat kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik sehingga merugikan keungan negara.

“Ketua DPR RI bukan hanya sekadar jabatan politis tetapi juga publik yang harus mampu mendongkrak citra DPR. Citra lembaga negara itu sedang terpuruk,” kata Ketua Konstitusi dan Demokrasi (Kode), Veri Junaidi, Selasa (2/1).

Atas dasar itu, koalisi membuat petisi tentang kriteria dan syarat calon pimpinan DPR pengganti Setya Novanto. Karena itu, koalisi mendukung slogan baru Golkar yang menyebut kata bersih sebagai tekad Golkar untuk menjadi salah satu partai yang mendukung gerakan anti korupsi.

Dikatakan, slogan itu semestinya terwujud dalam praktek politik Golkar, baik di internal maupun eksternal sehingga bersih tidak hanya jadi slogan semata tapi harus dibuktikan dalam penentuan pimpinan DPR ini.

Dengan begitu, sudah semestinya menjadi kewajiban Golkar menetapkan Pimpinan DPR dari Fraksi Golkar dengan kriteria tertentu diantaranya tak memiliki rekam jejak pernah dipidana dalam kasus yang bersifat amoral, khususnya korupsi.

Kedua, tidak sedang atau berpotensi dipersoalkan berkaitan dengan tindak pidana korupsi. Ketiga, bukan merupakan pendukung Pansus KPK apalagi menjadi salah satu motor lahirnya angket KPK.

Keempat, punya pandangan dan sikap yang sepenuhnya mendukung upaya pemberantasan korupsi, salah satunya dengan tidak mendukung pelemahan KPK dengan berbagai cara dan versinya.

Kelima, memiliki kemampuan mendengar dan memiliki kelapangan hati dalam menerima kritik. Ini dapat menjadi catatan dan perhatian bagi ketua Partai Golkar dalam menentukan calon pimpinan DPR.

“Penentuan calon pimpinan DPR dari Fraksi Golkar adalah langkah awal dalam memperlihatkan komitmen partai Pohon Beringin tersebut untuk menjadi partai bersih,” demikian Veri Junaidi. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top