Polhukam

Putri Sulung Gus Dur Muncul Sebagai Pesaing Pada Pilgub Jawa Timur

PARLEMENTARIA.COM– Pemilihan Gubernur Jawa Timur kemungkinan diikuti tiga pasangan calon. Setelah PDIP mengusung Syaifullah Yusuh-Abdullah Azwar Anas serta Partai Golkar dan Partai Demokrat mengusung Khofifah Indarparawansa-Emil Dardak sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur kini muncul poros ketiga.

Poros ketiga tersebut merupakan koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasuonal (PAN). Pimpinan ketiga partai sudah sepakat berkoalisi, sedikitnya di lima wilayah dan salah satunya pada Pilgub Jawa Timur.

Presiden PKS, Sohibul Iman masih akan membahas kemungkinan soal poros baru di Pilkada Jawa Timur. Salah satu nama yang mengemuka di antaranya Yenny Wahid. “Terakhir muncul nama Mba Yenny,” ungkap Sohibul kepada sejumlah awak media di Jakarta, Selasa (2/1).

Namun, nama putri sulung Abdurachman tersebut baru mengemuka di kalangan PKS saja. “Nanti akan dikomunikasikan dengan Gerindra serta PAN. Mungkin pertengahan minggu ini,” kata Sohibul.

Soa;nya, kata Sohibul, suara masih terbelah antara membentuk poros ketiga dengan mendukung pasangan Khofifah atas pasangan Gus Ipul. Jadi, masalah ini harus dirapatkan dulu sesama partai koalisi yakni Gerindra dan PAN.

Dijelaskan, di antara dua calon yang sudah ada, sebenarnya PKS condong ke Gus Ipul. Sementara PAN, menganggap keduanya sama-sama teman.
“Karena itu, lebih baik bikin poros baru. Jadi yang ingin poros baru tuh beliau. Gerindra, Pak Prabowo bilangnya, kalau memang tidak ada poros baru saya ikut PKS saja. Tapi kalau ada poros baru, dia mau poros baru. Makanya jadi belum clear untuk poros baru ini,” kata Sohibul.

Diakui, untuk membentuk poros baru ini memang belum ada calon yang matang. Bahkan sebenarnya PAN pun siap menyodorlan kadernya. “Asa Masfuk atau Kang Yoto. Awal-awal sih Pak Masfuk yang agak kuat tapi belakangan Kang Yoto yang kuat.

Belakangan terbentur siapa wakilnya. Gerindra siap menyodorkan wakil. Pak Prabowo mengatakan ada kader-kader muda mengusulkan Moreno. Tapi ini baru usulan dari kader-kader muda.

Belakangan dari PKS muncul nama Yenny sebagai calon gubernur. “Ini baru dari kalangan PKS. Segera kita matangkan dan kita bicarakan dengan partai koalisi. Kelihatannya bagus juga kalau Yenny kita usung sebagai calon gubernur,” demikian Sohibul. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top