Polhukam

Gerindra: Tidak Sulit Buat Golkar Cari Pengganti Setya Novanto

PARLEMENTARIA.COM– Sebelum masa sidang 2017 dibuka pekan depan, Partai Golkar sudah harus menetapkan kader Partai Beringin itu yang dipercaya menggantikan kursi yang terpaksa dilepas Setyo Novanto sebagai Ketua DPR RI.

Walau tinggal hitungan hari, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ahmad Riza Patria yakin Partai Golkar bakal dapat menetapkan siapa diantara kader mereka yang layak menggantikan jabatan Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI.

Paling tidak, saat ini sudah ada tiga nama yang mengemuka dari kalangan internal Partai Golkar sebagai Ketua DPR RI yakni Bambang Soesatyo yang kini jadi Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsuddin yang juga duduk sebagai pimpinan badan kelengkapan DPR RI serta Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Golkar satu-satunya partai politik di tanah air yang memiliki segudang kader berkualitas. Partai Golkar tidak kekurangan kader yang punya kemampuan untuk memimpin DPR RI,” kata Ahmad Riza Patria di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/1).

Dikatakan, siapa pun kader yang diusung sebagai ketua DPR dari Partai Golkar merupakan yang terbaik. Apakah Bambang Soesatyo, Zainudin Amali, Agus Gumiwang Kartasasmita, Azis Syamsuddin atau Ridwan Hisyam. “Kami yakin itu sosok terbaik?. Kita harap siapa pun yang ditunjuk nanti berikan lebih baik lagi bagi DPR.”

Dikatakan, sesuai dengan aturan Undang Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) mekanisme, prosedur dan ketentuan yang ada itu soal Ketua DPR merupakan kewenangan Partai Golkar sehingga partai lain termasuk Gerindra tidak akan mencampurinya.

“Kami tidak mengintervensi, mencampuri dan lain-lain terhadap siapa yang akan ditunjuk oleh Partai Golkar untuk duduk sebagai Ketua DPR. Itu adalah hak Partai Golkar, siapapun, selain Partai Golkar tidak boleh mencampurinya,” kata dia.

Anak buah Prawobo Subianto yang duduk di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI ini yakin Partai Golkar memahami betul siapa kadernya yang cocok duduk jadi ketua DPR. Apalagi di tengah dinamika perpolitikan sekarang mengingat 2018 dan 2019 merupakan tahun politik.

“Saya kira Golkar sudah sangat piawailah untuk menentukan, kami tidak mencampurinya. Siapa pun yang diusung Golkar, kami yakin itu kader dan orang terbaik yang Insya Allah dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan DPR, bangsa dan negara ke depan,” demikian Ahmad Riza Patria. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top