Polhukam

Syaiful Sibuk Komunikasi, Khofifah Tambah Dukungan Parpol

PARLEMENTARIA.COM– Ditengah Syaifullah Yusuf selaku petahana sibuk melakukan komunikasi politik dengan sejumlah pendukung, bakal calon gubernur untuk Pilkada Jawa Timur 2018, tiga parpol malah segera mengeluarkan rekomendasi, memberi dukungan ke Khofifah Indar Parawansa.

“Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari Nasdem dan PPP serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKPI memberikan dukungan pada Pilgub Jawa Timur mendatang,” kata Khofifah dalam siaran pers yang disampaikan Tim Media Khofifah-Emil, semalam.

Sebelumnya, Khofifah-Emil telah mengantongi rekomendasi Golkar, Demokrat dan Hanura untuk maju di Pilkada Jatim 2018 berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak. Dengan adanya dukungan dari partai Nasdem, PPP dan PKPI, kini Khofifah-Emil didukung enam parpol.

Khofifah menambahkan, dia juga masih intens berkomunikasi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang belakangan diberitakan turut mendukung pasangan nasionalis regilius ini.

“Komunikasi kami dengan PAN sangat intensif. Tapi yang sudah saya dapat konfirmasi langsung dari masing-masing ketua umum adalah Demokrat, Golkar, PPP, Nasdem, Hanura serta PKPI,” jelas anggota kabinet Jokowi itu.

Selain menjalin komunikasi intensif dengan parpol pendukung, pihak Khofifah-Emil juga sedang menguatkan elemen lain dan relawan yang tersebar di Jawa Timur. Salah satu kekuatan politik nonpartai yang sedang dimaksimalkan adalah Muslimat Nahdlatul Ulama.

“Elemen di mana saya menjadi pimpinan organisasi, yakni Muslimat NU. Saya akan maksimalkan konsolidasi dengan jajaran pimpinan Muslimat NU,” kata Khofifah.

Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2018 akan berhadapan dengan pasangan calon Saifullah Yusuf -Abdullah Azwar Anas yang telah resmi diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Sementara itu, Syaifullah Yusuf yang bakal menjadi pesaing utama \khofifah-Emil pada Pilgub mendatang tetap menjalin komunikasi dengan sejumlah pemimpin partai politik yang kemungkinan akan mengusungnya pada Pilkada nanti.

“Komunikasi terus dilakukan,” ungkap Gus Ipul, sapaan akrabnya kepada awak media dengan menyebutkan parpol yang intensif menjalin komukasi yakni Gerindra, PAN, PKS, bahkan PPP dan NasDem yang sampai saat ini belum menyatakan dukungan resmi terhadap salah satu kandidat.

Kendati demikian, Gus Ipul yang maju bersama Abdullah Azwar Anas itu menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan partai politik, apapun hasilnya. “Keputusan ada di partai, kami berusaha. Kami optimistis ada partai politik yang bergabung dan berkoalisi.”

Pada Pilgub nanti, pasangan ini diusung PKB dan PDIP. Kepastian parpol lain bergabung sepekan ke depan bertepatan dimulainya pendaftaran pasangan calon ke KPU Jatim. “Tunggu saja. Apapun itu, kami siap dan menghormati segala keputusan partai,” kata Syaifullah Yusuf. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top