Peristiwa

Gempa 5,0 SR Dua Kali Guncang Provinsi Bengkulu Senin Siang

PARLEMENTARIA.COM– Gempa bumi berkekuatan 5,0 pada Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kota Bengkulu dan sekitarnya, Senin (1/1) sekitar, pukul 14:26 WIB.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Pusat gempa berada di 70 km barat daya Kota Bengkulu sehingga guncangan cukup kuat dirasakan warga,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto beberapa saat setelah gempa.

Dikatakan Sudiyanto, pusat gempa berada di dasar laut pada kedalaman 16 km sekitar 70 kilometer Barat Daya Bengkulu. Walau berada di laut, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Lokasi gempa berada pada 4.41 Lintang Selatan – 102.13 Bujur Timur dan getarannya dirasakan cukup kuat oleh warga Bengkulu.
“Getarannya kuat tapi sangat singkat, hanya beberapa detik,” kata Andriyana, warga Kelurahan Pasar Melintang, Kota Bengkulu.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,0 SR juga mengguncang Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu pukul 13:22 WIB. Pusat gempa berada di 276 kilometer barat daya Kabupaten Kaur, yang berbatasan dengan Provinsi Lampung.

Warga memang dikagetkan dengan kedua fempa itu. Namun, tidak sampai menelan korban jiwa. Juga dilaporkan tidak ada kerusakan dalam bencana tersebut. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top