Polhukam

Pesawat Tanpa Awak dan Sosmed Ancaman Terbesar Indonesia 2018

PARLEMENTARIA.COM– Pesawat tanpa awak (drone) atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) serta Media Sosial (Medsos) merupakan ancaman terbesar Indonesia tahun depan yang bersamaan dengan tahun politik.

Menurut Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Marsekal Pertama TNI Yusuf Jauhari, tingkat ancaman siber terhadap keduanya ini sudah mencapai kepada taraf sangat mengkhawatirkan.

Karena itu, kata jenderal bintang satu ini, untuk drone pihaknya akan membuat kebijakan dengan membatasi penggunaan pesawat tampa awak ini. “Kalau Medsos ancamannya lebih kepada ideologi radikal,” kata Yusuf.

Menurut Marsekal Yusuf, untuk mengantisipasi masalah itu, Kemenhan tengah mengodok aturannya bersama instansi terkait baik TNI, Polri, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Informasi Komunikasi.

Banyak langkah yang harus ditempuh Kemenhan untuk melibatkan semua pihak itu. Contohnya, Kemenhan dengan Kominfo bekerja sama melakukan pengawasan dan mengendalikan konten negatif di medsos melalui mesin sensor internet.

Sementara itu ketika Menteri Perhubungan dipercayakan kepada Ignatius Jonan sudah diterbitkan Peraturan Menteri Perhubungan No: 90/2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak yang disahkan 12 Mei 2015.

Dalam salinan peraturan yang diterima Kemenhan disebutkan, Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) dikeluarkan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan terkait pengoperasian drone di ruang udara. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top