Ekonomi

Mau Swasembada Energi, Indonesia Harus Kembangkan Teknologi Panas Bumi

PARLEMENTARIA.COM– Untuk mewujudkan swasembada energi dan menjadi produsen tenaga panas bumi terbesar di dunia, Indonesia mutlak harus mengembangkan teknologi panas bumi.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto ketika melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Italia, Marina Sireni di Roma, Italia, akhir pekan lalu.

Dalam pertemuan itu, Agus didampingi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron mengatakan, hubungan Bilateral Indonesia dan Italia telah terjalin erat. Itu dibuktikan kerja sama kedua negara di bidang politik, sosial, ekonomi, keamanan dan budaya.

“Pertemuan ini bukan hanya untuk memperkuat hubungan kedua parlemen, juga untuk menekankan kembali pentingnya kerja sama kedua negara yang dapat dikembangkan lebih lanjut, terutama di bidang energi terbarukan seperti panas bumi.” ungkap politisi senior Partai Demokrat tersebut.

Untuk mewujudkan tujuan nasional itu, kata Agus, diperlukan berbagai kerja sama dengan semua pihak, termasuk Italia. Sebab, Italia adalah salah satu mitra dagang terbesar Indonesia. Italia salah satu negara yang menjadi tujuan ekspor non migas Indonesia.

Ditambahkan wakil rakyat Dapil Provinsi Jawa Tengah I tersebut, Parlemen Indonesia mengapresiasi kerja sama yang dapat mengakselerasi agenda pembangunan dan memberikan kemaslahatan untuk bangsa Indonesia.

“Kami menyambut baik dan mendukung investor dalam bidang energi maupun sektor lain yang membantu pembangunan nasional, ilmu pengetahuan serta teknologi,” demikian Agus Hermanto.

Sebagai informasi, untuk kawasan Eropa Barat, Italia menduduki peringkat ketiga setelah Belanda dan Jerman dalam pengelolaan natural resources (Sumber Daya Alam). (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top