Polhukam

Partai Pimpinan Yusril Ihza Mahendra Lolos Verifikasi Administrasi KPU RI

PARLEMENTARIA.COM– Partai Bulan Bintang (PBB) yang dipimpin pakar hukum tata negara, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) lolos verifikasi faktual.

Kedua parpol ini dinyatakan lolos karena memenuhi syarat perbaikan verifikasi administrasi. Penelitian terhadap dokumen persyaratan yang diserahkan sembilan parpol itu, KPU menyimpulkan, dua parpol memenuhi syarat administratif dan dilanjutkan ke verifikasi faktual.

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari dalam keterangan yang diterima, Parlementaria,com, Senin (25/12) mengatakan, yang tidak lolos verifikasi faktual yaitu Partai Idaman, Partai Rakyat, Partai Bhineka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Suara Rakyat Indonesia, dan Partai Kerja.

Hasyim tak merinci faktor apa yang menyebabkan KPU tujuh partai ity tudak lolos. Lumrahnya ada dua faktor yakni soal kelengkapan dokumen dan daftar nama anggota di tingkat kabupaten dan kota.

“Ada dua kemungkinan, pertama tidak memenuhi syarat dokumen yang diserahkan ke KPU Pusat. Kedua itu hasil penelitian administrasi terhadap daftar nama anggota kabupaten kota. Jadi pasti kombinasi di antara dua itu,” kata Hasyim.

Dalam kesempatan sama, anggota Bawaslu, Frits Edward Siregar mengatakan, meski tak dinyatakan lolos ke tahap berikutnya, tujuh partai yang tak lolos masih bisa ajukan gugatan atas keputusan KPU.

“UU No: 17/2017 memberi kepada partai yang tidak lolos mengajukan sengketa ke Bawaslu, 3 hari (kerja) sejak hari ini (Minggu) atau sejak penyerahan surat keputusan yang dilakukan KPU RI atau sejak keputusan KPU ditetapkan,” kata Frits.

Menurut dia, setiap parpol mengajukan sengketa dimediasi Bawaslu kepada KPU. Sebab menurut Frits, dikhawatirkan tidak lolosnya partai itu hanya karena kesalahpahaman membaca dokumen.

“Kami mencoba mediasi terlebih dahulu, harus ada proses mediasi kan. Apakah ada dokumen salah, atau ada yang salah pembacaan oleh KPU RI terhadap dokumen yang disampaikan,” kata Frits.

Pekan lalu, KPU telah menetapkan 13 partai politik lolos tahap verifikasi administrasi dan berhak ikuti verifikasi faktual antara lain PAN, PDIP, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura, PKS, PKB, PPP, Perindo, PPI, dan Partai Berkarya. Partai Berkarya dinyatakan lolos usai melakukan gugatan dan dimediasi Bawaslu RI. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top