Polhukam

Polisi Malaysia Tangkap Pemimpin JAD asal Indonesia

PARLEMENTARIA.COM– Polisi Malaysia menangkap salah satu pemimpin Jamaah Ansharut Daulah (JAD) asal Indonesia bersama 19 militan lainnya di berbagai tempat di negara Jiran tersebut akhir pekan ini.

Namun, pihak keamanan Malaysia dalam keterangannya tidak menyebut nama pimpinan JAD asal Indonesia itu. Hanya dikatakan, pihak keamanan Malaysia sudah menahan ke-20 tersangka militan itu. Hanya disebutkan, ke-20 militan itu mau ke Philipina dan berencana beraksi di wilayah Phlipina Selatan.

Mereka tersangka militan terbaru yang diamankan di Malaysia. Keamanan Malaysia khawatir kembalinya militan yang berperang dengan kelompok ISIS di luar negeri ke Asia Tenggara setelah kekalahan kelompok tersebut di Timur Tengah.

Penangkapan dilakukan dalam penggerebekan disejumlah tempat yang berlangsung sejak akhir November. “Salah satu dari mereka adalah dalang beberapa serangan beberapa waktu lalu di tanah air. Pria 24 tahun itu diamankan di negara bagian Johor, Malaysia Selatan.

Dari 20 yang ditahan itu, ada seorang warga Philipina berusia 50 tahun yang dicurigai mencoba merekrut orang untuk bergabung dengan Abu Sayyaf, kelompok yang menculik untuk meminta uang tebusan. Dia juga diduga mau bergabung dengan militan lainnya di Philipina.

Keterangan pihak keamanan Malaysia, penangkapan mereka dilakukan setelah ratusan orang bersenjata lokal dan asing yang telah berjanji setia kepada ISIS mengepung kota Marawi, Phlipina Selatan beberpa waktu lalu.

Seorang militan dari negara Afrika Utara yang tidak disebutkan namanya juga ditahan. Sebelumnya dia bertempur bersama ISIS di Timur Tengah. “Pria Afrika itu ditahan di Bandara Kuala Lumpur. Malaysia telah menangkap ratusan militan beberapa tahun terakhir,” kata polisi. (art/ant)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top