Polhukam

Zulkifli Hasan: Musyawarah Mufakat Sebagai Ciri Khas Bangsa Indonesia Mulai Melemah

PARLEMENTARIA.COM– Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Karena itu, pancasila harus menjadi prilaku bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu dikatakan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan ketika menyampaikan sabutan pada Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara dihadapan ratusan Perempuan Persatuan Wanita Republik Indonesia (Perwari) di Gedung Panti Trisula, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/12),

Karena menjadi prilakui bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, pancasila harus mempersatukan seluruh anak bangsa. “Jadi, pancasila harus mempersatukan anak bangs, bukan untuk mengkotak-kotakan sehingga membuat bangsa Indonsia tercerai berai.

Dia mengaku miris melihat apa yang terjadi belakangan ini dimana ada anak bangsa yang mengelompokkan diri. Mereka itu merasa yang paling nasionalis, pancasilais dan toleran. Padahal, yang mereka bertolak belakang dan jauh dari nilai-nilai pancasila.

Sepertinya, kata Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Merah-Putih mulai terkoyak. “Apakah ibu-ibu bersedia menjahit kembali Merah-Putih yang sudah mulai terkoyak-koyak? Serentak perempuan yang hadir menjawab ajakan itu dengan mengatakan siap.

Dijelaskan, Indonesia memang berbeda-beda. Ada ratusan suku, bahasa dan adat istiadat. “Walau berbeda tetapi karena senasib dan sepenanggungan itulah yang membuat kita bersatu untuk merdeka.”

Jadi, lanjut Zulkifli, jangan yang berbeda itu disamakan atau sebaliknya yang sama malah dibedakan seperti agama, kesenian dan sebagainya. “Dari perbedaan yang ada itulah para pendahulu kita bersatu, berjuang merebut kemerdekaan,” ulang dia.

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Lampung itu juga merasa, belakangan musyawarah mufakat sesuai dengan sila keempat pancasila juga mulai melemah. “Akibatnya, ada kelompok-kelompok tandingan. HKTI ada dua, Kadin juga ada dua,” demikian Zulkifli Hasan. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top