Ekonomi

DPR Minta Keberadaan Balitbang Palma Manado Harus Berguna Buat Masyarakat

PARLEMENTARIA.COM– Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo meminta agar
Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Palma jangan berhenti hanya sampai kepada penelitian saja tetapi harus berguna untuk masyarakat khususnya para petani.

Permintaan tersebut disampaikan politisi senior Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini ketika memimpin rombongan Komisi IV DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (kunker) komisi meninjau Balitbang Palma di Manado, Sulawesi Utara, pekan ini.

“Kita mengunjungi Balitbang Palma ini untuk melihat apa saja yang sudah dihasilkan dan apa saja kendalanya. Dari kunjungan ke Balitbang Palma, ternyata kami mendapat keterangan tidak sedikit persoalan termasuk kendala yang kami temukan,” kata Edhy.

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Sumatera Selatan tersebut mengatakan, banyak sekali yang dapat dihasilkan dari Balitbang Palma ini. Misalnya menghasilkan bibit pohon kelapa cepat berbuah dan pendek pohonnya, produktifitas semakin bagus dari kualitas tebal daging buahnya juga baik.

“Semua hasil penelitiannya bagus, hasilnya juga bagus. Namun, hasil penelitian itu berhenti sampai Balitbang saja. Seharusnya, ini bisa memberikan nilai tambah untuk masyakarat sehingga ada penghasilan tambahan buat petani untuk kebutuhan sehari-hari.”

Karena ini, Edhy menekankan agar Litbang itu harus didorong dengan program dan anggaran yang baik karena Palma merupakan tanaman unggulan yang belum dibudidaya dan harus digalakkan oleh seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga dipertunjukkan proses pembuatan sampai menjadi hasil, dari kelapa menjadi minyak, dari kelapa menjadi sari kelapa atau nata de coco, dari Palma jenis sagu bisa jadi nira dan gula.

“Dari peninjauan rombongan Komisi IV tersebut, saya melihat ini kurang greget saja, litbang ini harus lebih greget lagi ke depannya sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan masyarakat dan petani setempat,” demikian Edhy Prabowo. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top