Polhukam

Airlangga Resmi Duduki Kursi Ketua Umum Golkar

PARLEMENTARIA.COM – Airlangga Hartarto resmi mendukuki kursi Ketua Umum Partai Golkar setelah dikukuhkan dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) partai berlambang pohon beringin itu, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Menteri Perindustri Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK itu menggantikan Setya Novanto yang terseret kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang sudah memasuki masa persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Munaslub mengukuhkan Airlangga yang sebelumnya sudah disepakati Rapat Pleno DPP Partai Golkar sebagai pengganti Setya Novanto itu akan melanjutkan sisa masa kepengurusan hingga 2019 dan jika diperpanjang akan dilakukan melalui Rapimnas.

“Seratus persen pemegang hak suara mengusulkan penetapan ketua umum. Tadi sudah diputuskan dalam sidang paripurna Munas Luar Biasa Partai Golkar,” kata Airlangga Hartarto kepada wartawan di arena Munaslub.

Selain itu, peserta Munaslub juga memberikan mandat penuh kepada Airlangga Hartarto untuk melakukan revitalisasi kepengurusan dewan pimpinan pusat (DPP) Partai Golkar dengan menjadi formatur tunggal.

“Munas memberi mandat tunggal pada ketua umum melakukan revitalisasi untuk restrukturisasi pengurus DPP,” jelas dia.

Menurut Airlangga, dia akan segera melaporkan hasil Munaslub kepada Presiden Jokowi, mengingat posisinya saat ini adalah Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja yang dipimpin Jokowi.

Mengenai calon Sekjen yang akan mendapinginya dalam menahkodai Partai Golkar ke depan, Airlangga menyebut partainya memiliki banyak sekali kader yang memiliki kapasitas menempati posisi strategis ini.

Airlangga menjelaskan kriteria bagi calon sekjen Golkar ke depan adalah harus anggota Golkar, pernah menjadi pengurus Golkar, dan siap bekerja sepenuh waktu bagi partai. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top