Legislasi

DPR Percepat Proses Pembahasan RUU Prioritas 2017

PARLEMENTARIA.COM – Ketua DPR RI Setya Novanto menegaskan bahwa DPR menargetkan penyelesaian pembahasan sejumlah RUU pada masa sidang II tahun sidang 2018-2018 ini. RUU tersebut adalah RUU KUHP, RUU PNBP, RUU Larangan Minuman Beralkohol dan RUU Tindak Pidana Korupsi.

“DPR tetap berkomitmen untuk mempercepat proses pembahasan RUU yang menjadi prioritas tahun 2017,” kata Setya Novanto dalam pidato pembukaan masa persidangan II Tahun 2017-2018, di ruang Rapat Paripurna DPR, Rabu (15/11/2017).

Karena itu, Novanto meminta alat kelengkapan dewan yang membidangi RUU tersebut untuk mempercepat proses penyelesaiannya. “Pimpinan DPR menghimbau seluruh alat kelengkapan serta anggota DPR agar tetap memprioritaskan penyelesaian tugas-tugasnya,” kata Novanto.

Selain penyelesaian RUU tersebut, DPR di masa sidang II ini juga akan melakukan persiapan penyusunan dan penetapan prolegnas RUU Prioritas tahun 2018. Saat ini juga tengah dilakukan pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan terhadap tujuh RUU.

Ketujuh RUU tersebut adalah RUU Penyiaran, RUU Minyak dan Gas Bumi, RUU Perkelapasawitan, RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan, RUU BUMN, RUU Kebidanan dan RUU Perlindungan dan Pengakuan Hak Masyarakat Adat.

Diharapkannya dengan masuknya masa sidang II ini, DPR dapat menyelesaikan seluruh target legislasi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. (chan)

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top