Info Kesekjenan

Tiga Unit Kerja Setjen DPR Terima Penghargaan KIP

PARLEMENTARIA.COM – Tiga unit kerja di lingkungan Setjen dan Badan Keahlian DPR dianugerahi penghargaan sebagai Unit Kerja Terbaik Keterbukaan Informasi Publik 2017 dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Penghargaan tersebut diserahkan Komisioner KIP Henny S. Widyaningsih dalam acara Seminar Keterbukaan Informasi Publik yang diadakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Setjen dan Badan Keahlian DPR RI, Rabu (8/11/2017).

Ketiga unit kerja yang dianugerahi sebagai unit Kerja Terbaik Keterbukaan Informasi publik 2017 adalah peringkat terbaik pertama diterima oleh Bagian Sekretariat Komisi I DPR, peringkat terbaik kedua di raih oleh Bagian Sekretariat Komisi III DPR, dan peringkat terbaik ke tiga diterima oleh Bagian Administrasi Keuangan DPR RI.

Plt. Sekjen DPR RI Damayanti menyampaikan bahwa seminar Keterbukaan Informasi Publik 2017 itu sebagai bahan untuk evaluasi bersama terhadap kinerja pelayanan informasi publik di Setjen dan badan Keahlian DPR RI.

“Semangat kelembagaan ini harus didukung dengan infrastruktur dan suprastruktur yang memadai untuk dapat mewujudkan keterbukaan informasi di DPR. Semangat PPID pada tahun ini bukan semata hanya ingin mengembalikan kejayaan pada masa lalu, tetapi tujuannya lebih substantif yaitu merelalisasikan cita-cita DPR RI sebagai Parlemen Modern, yang salah satu kinerjanya adalah keterbukaan informasi publik,” kata Damayanti.

Selain PPID Setjen dan Badan Keahlian DPR RI, turut hadir sebagai pembicara dalam acara Seminar itu yakni Komisioner Komisi Informasi Pusat, Henny S. Widyaningsih dan Direktur Indonesian Parliementary Center (IPC) Ahmad Hanafi.

KIP merupakan lembaga yang diberi amanat oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 sebagai pengawal keterbukaan informasi publik. Oleh karenanya, kehadiran Komisioner Komisi Informasi Pusat dan Direktur Indonesian parliamentary Center dalam seminar itu diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan implementasi dari Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top