Polhukam

Fahri Hamzah: Rakyat Amerika Serikat Betul-betul Mengandalkan Parlemen

PARLEMENTARIA.COM – Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat, delegasi DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menggelar pertemuan dengan anggota Parlemen dari Partai Demokrat daerah pemilihan Carolina Utara 4, David Price di kompleks Capitol Hill, Washington DC, Rabu (1/11/2017). Price merupakan salah seorang politisi senior Amerika Anggota House Appropriations Commitee (Komisi Persetujuan Anggaran).

Fahri mengatakan, perbincangan antara delegasi DPR RI dengan anggota kongres sejak 1987 itu, berlangsung mendalam dan luas karena terkait penguatan fungsi parlemen dalam hal budgeting dan pengawasan. Dari hasil pertemuan, Fahri menuturkan bahwa dalam hal anggaran dan pengawasan, Kongres di Amerika Serikat merupakan daulat rakyat, sehingga betul-betul kuat.

“Jika melihat tradisi di AS ini, kuat sekali. Karena rakyatnya betul-betul mengandalkan parlemennya untuk mengawasi pemerintahan, dan keributan di parlemen adalah indikasi mereka bekerja. Beda dengan di Indonesia, kalau DPR ribut, publik sering bilang pemerintah jangan diganggu. Itu yang salah,” kata Fahri.

Image ini yang menurut Fahri harus dibalik pada masa yang akan akan datang. Di AS, uang rakyat dipegang DPR, sehingga bilamana pemerintah memerlukan anggaran, maka pemerintah akan meminta ke parlemen.

“Minta sekian, dikasih sekian, dan parlemennya berhak mempertanyakan kegunaan anggaran yang diminta pemerintah. Kalau parlemen merasa pemerintah tidak bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang diterimanya, maka anggaran tidak akan diberi, sehingga pemerintahnya tutup atau government shutdown,” papar Fahri.

Artinya, lanjut Fahri, jika parlemen bersepakat pemeritah tidak diberi anggaran, maka seluruh kantor pemerintah tutup dan pegawainya dirumahkan. Namun hal berbeda dengan Indonesia, jika anggaran pemerintah ditolak, maka berlaku anggaran tahun sebelumnya. “Ini lah bedanya. Tapi ke depan kita ingin membangun parlemen yang betul-betul independen,” tandas Fahri.

Dalam kunjungan ke parlemen AS ini, Fahri juga didampingi sejumlah anggota DPR. Diantaranya Muhammad Misbakhun dan Ibnu Munzir (F-PG), Arsul Sani (F-PPP), Mulfachri Harahap (F-PAN), Mahfuz Siddik (F-PKS), Abidin Fikri (F-PDI Perjuangan), dan Ahmad Sahroni (F-NasDem). (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top