Ekonomi

Ahmad Junaidi Auly: KPP Bea Cukai Bandar Lampung Harus Permudah Ekspor UMKM

PARLEMENTARIA.COM– Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Lampung II Ahmad Junaidi Auly meminta KPP Bea Cukai Bandar Lampung lebih pro aktif mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Lampung untuk go international dengan memberikan kemudahan ekspor.

Dikatakan, potensi lokal di Lampung sangat besar. Karena itu, pertumbuhan serta pengembangan UMKM harus terus digalakkan oleh seluruh stakeholder yang ada di daerah ini.

“Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) persaingan semakin ketat dan pasar di dalam maupun luar negeri juga semakin terbuka. Karena itu, dukungan terhadap usaha atau industri lokal harus diberikan secara maksimal,” kata politisi kelahiran Tanjung Karang, Bandar Lampung, 26 Juni 1963 ini.

Saat ini, kata Junaidi yang menjadi anggota DPR RI menggantikan posisi Abdul Hakim karena maju Pilkada serentak tahun lalu itu, kontribusi UMKM Indonesia terhadap ekspor rendah dibanding negara-negara ASEAN.

Ekspor UMKM Indonesia hanya 15,8 persen dari total ekspor. Thailand 29,5 persen dan Philipina 20 persen. Dengan kemudahan ekspor buat UMKM dari KPP Bea Cukai, kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan UKM semakin meningkat.

Junaidi juga mengingatkan para pelaku UMKM agar terus mengasah kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan usaha mereka, termasuk meningkatkan standar, desain dan kualitas produk agar sesuai serta dapat diterima pasar global.

“Setiap program yang dapat mendorong pengembangan UKM di Lampung dari Bea Cukai harus tersampaikan dengan baik kepada para pelaku UMKM,” kata Magister Manajemen Universitas Lampung (Unila) tersebut.

Dikatakan, program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) bagi UKM yang baru diterapkan dibeberapa daerah. Dan, ini harus segera dapat diterapkan di Lampung. “Keberadaan program semacam ini harus masif dan intensif disosialisasikan ke pelaku UMKM agar mereka memahami dengan baik kemudahan yang diberikan Bea Cukai.”

Kepala KPP Bea Cukai Bandar Lampung, M Hilal Nur Sholihin yang menerima wakil rakyat dari Fraksi PKS ini menjelaskan, realisasi penerimaan Bea dan Cukai Bandar Lampung tahun ini hampir seluruhnya memenuhi target yang diberikan pusat.

Tentang permintaan Ahmad Junaidi Auly mengenai kemudahaan buat UMKM ini, Hilal mengatakan, siap bersinergi dengan semua pihak yang memiliki komitmen untuk mengembangkan UMKM di Lampung khususnya terkait ekspor dan impor. (art)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top