Polhukam

Saniatul Lativa: Anak Bangsa Penting Pahami dan Amalkan Pancasila

PARLEMENTARIA.COM– Empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan UU Negara Republik Indonesia 1945 penting dipahami dan ditanamkan kepada seluruh anak bangsa Indonesia.

Soalnya, kata anggota MPR RI, Saniatul Lativa banyak kepentingan bangsa lain terhadap indonesia di era globalisasi yang bisa melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

“Banyak kepentingan asing terhadap Indonesia sehingga dapat melunturkan pemahaman kebangsaan anak bangsa,” ungkap anggota Komisi V DPR RI tersebut ketika melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Provinsi Jambi pekan ini.

Wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi itu mengatakan, tanpa nilai-nilai luhur, negara akan sulit maju. Indonesia sudah memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar bangsa.

“Pancasila sebagai dasar berperilaku yang benar. Pancasila juga mengandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dalam usaha melindungi tanah air, nilai kerakyatan dan nilai keadilan,” kata politisi perempuan kelahiran Surabaya, 13 Juni 1977 tersebut.

Salah satu yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaaan di era globalisasi, kata perempuan berkacamata ini, adalah memasukan iklan di otak anak bangsa sehingga menjadi bangsa komsumtif bukan bangsa produktif.

Padahal, lanjut dia, bila masyarakat memahami dan menanamkan empat pilar kebangsaan dengan baik, Indonesia akan menjadi bangsa produktif. Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan memiliki bonus demografi. ‎

“Namun, semua yang kita dibeli merupakan produk luar. Saya jalan ke sini lewat tol melihat semua mobil tidak ada buatan kita. Akhirnya kita Indonesia jual minyak, batu bara dan hasil alam lainnya untuk membeli produk asing. “Limapuluh tahun lagi, kita tidak tahu akan seperti apa Indonesia‎,” demikian Saniatul Lativa. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top