Polhukam

Zulkifli Hasan: Mahasiswa Budi Luhur Harus Berbudi Luhur

PARLEMENTARIA.COM– Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia membutuhkan pemuda tidak hanya sekadar cerdas tetapi juga harus memiliki budi pekerti yang luhur.

“Pintar saja tidak cukup. Di Indonesia, anak muda pintar banyak. Namun, kepintaran itu harus dibarengi dengan budi pekerti. Bila tidak, kepintaran yang dimiliki bisa membuat salah langkah atau salah jalan,” kata Zulkifli Hasan saat menyampaikan Orasi Kebangsaan di Universitas Budi Luhur, Tangerang, Banten, Selasa (31/10).

Menurut Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu, pemuda Indonesia ke depan harus cerdas dan berbudi luhur. Dua hal itu ada dalam diri mahasiswa sebagai agen perubahan.

“Dalam sejarah perubahan yang terjadi khususnya di Indonesia, itu adalah peran dari para pemuda dan mahasiswa. Kita lihat saja sejarah mulai dari kebanhkitan Budi Utomo, Sumpah Pemuda, perang kemerdekaan, angkatan 66 dan yang terakhir 1998. Semuanya karena ikutnya mahasiswa serta pemuda.”

Cerdas dan berbudi luhur, dua hal itu perlu ada dalam diri mahasiswa guna menjadi agen perubahan untuk pembangunan. “Selama ini pemuda dan mahasiswa diketahui selalu berperan penting dalam setiap sejarah bangsa.
“Mahasiswa selalu hadir di momen penting sejarah bangsa. Baik pada tahun 1908, 1928, 1945, dan puncaknya pada 1998,” ulang Zulkifli Hasan.

Dikatakan, selain bertugas sebagai agen perubahan, mahasiswa sebagai generasi zaman now juga harus bisa menjawab tantangan global. Untuk itu, mahasiswa perlu memperkuat identitas diri, mengokohkan paham kebangsaan dan mempunyai daya saing. “Mahasiswa harus punya nilai-nilai luhur, menguasai ilmu, dan sekaligus punya daya saing,” demikian Zulkifli Hasan. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top