Polhukam

Fadli Zon Sarankan Jokowi Tinjau Pengungsi Rohingya di Bangladesh

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan sikap DPR terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar dengan mengutuk krisis kemanusiaan terhadap etnis Rohingya.

“Saya bersama anggota DPR lainnya akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi pengungsian Rohingya di Bangladesh pada awal Desember 2017,” jelas Fadli usai menerima Duta Besar Bangladesh Major General Azmal Kabir, di Gedung Nusantara 3, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/11/2017)

Fadli Zon juga minta pemerintah turut pro aktif dalam memberikan perhatian kepada krisis kemanusiaan di Rohingya. Alasan Fadli Zon karena Indonesia adalah negara demokrasi dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara yang nantinya akan diikuti oleh negara ASEAN lainnya.

“Presiden Jokowi harus beri perhatian lebih sebagai pemimpin Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbesar yang demokrasinya maju. Perlu buat langkah yang tegas terhadap pemerintah Myanmar, karena kalau Indonesia tidak tegas, bagaimana dengan yang lain. Ini yang dibutuhkan,” ujar Fadli Zon.

Politisi Gerinrda ini menilai bahwa isu Rohingya adalah bentuk kejahatan internasional yang perlu segera dicarikan jalan keluarnya. Upaya untuk membuat Rohingya menjadi isu internasional sudah didorong oleh DPR melalui acara World Parliamentary Forum dengan memasukan isu Rohingnya ke dalam resolusi.

Bahkan, Fadli Zon meminta Presiden Jokowi untuk bisa meninjau langsung ke tempat pengungsian Rohingya di Bangladesh yang berjumlah 1,1 juta jiwa.

“DPR sudah berusaha untuk mendorong masalah Rohingya ini menjadi isu kejahatan kemanusiaan. Kami meminta perhatian dunia internasional. Jika diperlukan, Presiden Jokowi bisa meninjau langsung tempat pengungsian di Bangladesh yang berjumlah 1.1 juta orang Rohingya di sana,” jelas Fadli Zon. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top