Legislasi

Baleg Minta Fraksi Pengusul Revisi UU Ormas Segera Serahkan Draft Revisi

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Firman Soebagyo meminta fraksi-fraksi yang akan mengajukan revisi UU Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) untuk segera melengkapi persyaratan revisi, seperti naskah akademik dan draft revisi.

Firman Subagyo di Jakarta, Selasa (31/10/2017) mengatakan, usulan naskah akademik dan draf UU itu akan dibahas Baleg dalam rapat kerja bersama pemerintah pada Masa Sidang II Tahun 2017-2018.

Dia menjelaskan, usulan revisi UU Ormas harus dibawa ke rapat Panja terlebih dahulu untuk disepakati masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018.”Harus dibawa ke rapat Panja Prolegnas dahulu, nanti disepakati untuk dimasukkan dalam Prolegnas jangka menengah atau panjang,” ujarnya.

Firman tidak mempersoalkan adanya revisi UU Ormas kalau itu sudah menjadi kesepakatan politik untuk masuk dalam Prolegnas 2018. Kalau DPR dan pemerintah setuju revisi UU Ormas masuk Prolegnas 2018, maka dilakukan tahapan-tahapan pembahasannya.

“Tidak masalah kalau jumlah RUU dalam Prolegnas prioritas 2018 bertambah.Kalau sudah menjadi kesepakatan politik dilakukan revisi UU Ormas, tinggal prosesnya saja diikuti,” katanya.

Seperti diketahui bahwa Rapat Paripurna DPR tanggal 24 Oktober lalu, Perppu Ormas disetujui menjadi UU. Ada empat fraksi secara bulat menerima Perppu tersebut, yaitu PDIP, Golkar, Nasdem dan Hanura. Kemudian 3 fraksi menyetujui dengan syarat UU tersebut direvisi, yaitu, Demokrat, PPP dan PKB. Sedangkan yang menolak adalah Fraksi Gerindra, PKS dan PAN. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top