Pengawasan

400 Desa di Maluku Belum Berlistrik

PARLEMENTARIA.COM – Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Chriesty Barends mengungkapkan bahwa masih banyak desa-desa di Provinsi Maluku yang belum teraliri listrik. Sesuai data PLN terdapat 400 desa yang belum teraliri listrik dari 1200 desa yang ada.

Dari peninjauan langsung Mercy dan Tim Kunjungan Kerja Komisi VII di Maluku, ia mendapati beberapa penyebab terjadinya kelambatan suplay listrik tersebut.

“Beberapa yang jadi kendala dalam penyebaran aliran listrik salah satunya adalah segi geografis yang sangat sulit, jadi moblitas logistik barang dan jasa itu memang berat serta tidak mudah membawa peralatan barang dan alat untuk memasang instalasi listrik yang ada di daerah tersebut tidak mudah, ” ujar politisi F-PDIP tersebut saat pertemuan Tim Komisi VII dengan PT. PLN (Persero) Regional Maluku di Ambon, Maluku, Senin (30/10/2017).

Selain masalah geografis, masalah jaringan komunikasi (sinyal) di beberapa daerah masih susah. Hal ini menjadi kendala juga bagi pihak PLN.

Walaupun terdapat beberapa kendala, namun wanita asal Dapil Maluku ini sangat optimis dan dirinya berharap agar PLN segera memasang jaringan listrik di Maluku. “Jika potensi energi yang ada di Maluku terus ditingkatkan maka permasalahan yang dihadapi yaitu rasio elektrifikasi yang masih di bawah rata-rata nasional, akan menjawab jika pembangunan infrastruktur sektor energi listrik terus dilakukan serta pembangunan pembangkit yang ada dapat dipercepat penyelesaian pembangunannya. Hal in tentu memerlukan peran semua pihak Pemerintah Pusat dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku,” paparnya.

Hal ini berkaitan pula dengan program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang Indonesia Terang. “Ini memang menjadi interpensi dari Pak Jokowi untuk Indonesia Terang 2020 itu wilayah timur dapat perhatian serius,” imbuh Mercy.

Direktur Bisnis PLN Regional Maluku Ahmad Rofik yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan perlu adanya integrasi program. “Untuk mencapai penyebaran aliran listrik perlu ada program antar instansi untuk penyiapan insfrastruktur utama seperti jalan, pelabuhan, sarana komunikasi seluler dan bank serta peningkatan kemampuan masyarakat lokal,” katanya.

Ia meminta Pemda untuk menyiapkan Penerangan Jalan Umum (PJU) guna mendongkrak pemakaian listrik. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top