Polhukam

SBY Pimpin Rapat Internal Partai Demokrat Bahas Revisi UU Ormas

PARLEMENTARIA.COM– Partai Demokrat dijadwalkan melakukan rapat internal untuk membahas revisi Undang-Undang Organisasi Masyarakat (UU Ormas) yang disahkan Sidang Paripurna DPR RI pekan lalu.

Rapat yang dijadwalkan di Kantor DPP Partai Demokrat, di Jalan Proklamasi, Jakarta, Senin (30/10) siang itu bakal dipimpin langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyoo (SBY) sebagai Ketua Umum.

Seperti dikethaui, Partai Demokrat adalah satu dari tiga fraksi DPR RI yang menerima Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) menjadi UU dengan syarat. “Pak SBY akan memberikan pengantar dalam rapat,” kata Ketua Divisi Komunikasi Publik PD, Imelda Sari, Senin (30/10).

Seperti diberitakan beberapa media, Jumat (27/10), SBY bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. Dalam pertemuan empat mata itu, mengusulkan beberapa masukan tentang rencana revisi UU Ormas kepada Jokowi.

Di antaranya adalah, Ormas harus dijadikan komponen yang diberi ruang dalam partisipasi pembangunan, bukan justru dianggap sebagai ancaman. Selain itu, terkait dengan pembubaran ormas, SBY menyarankan pemerintah harus mengedepankan proses hukum agar pembubaran ormas objektif dan tidak sewenang-wenang.

Diketahui pula, dalam rapat paripurna DPR RI yang digelar pada hari Selasa 24 Oktober lalu. Tujuh fraksi partai politik di DPR RI mendukung usulan pemerintah untuk menjadikan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas menjadi Undang-Undang.

Dari ketujuh partai politik yang mendukung, tercatat tiga partai mendukung dengan catatan, yaitu segera merevisi UU Ormas tersebut. Ketiga partai itu adalah Fraksi PPP, PKB, dan Fraksi Partai Demokrat. (art)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top