Polhukam

Inilah Program Strategis BK DPD RI

PARLEMENTARIA,COM – Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode tahun sidang 2017-2018 telah menyiapkan program strategis untuk penguatan lembaga negara yang dipimpin Oesman Sapta Odang itu.

Salah satu hal yang baru dalam program stategis BK DPD itu seperti disampaikan Ketua BK DPD Mervin Sadipun Komber adalah akan membentu Forum Komunikasi Badan Kehormatan Parlemen.

“Forum Komunikasi Badan Kehormatan Parlemen ini untuk menampung aduan dan konsultasi dari semua badan-badan kehormatan di daerah kabupaten atau kota untuk berkonsultasi ke BK DPD RI,” kata Ketua BK DPD Mervin Sadipun Komber didampingi Hendri Zainudin (Wakil Ketua BK) dan Leonardy Harmainy (anggota BK) kepada pers, Jumat (20/10).

Program strategis BK DPD RI itu adalah pertama, Penggantian Peraturan Tata Beracara Badan Kehormatan DPD RI yang akan lebih
mengakomodir perkembangan kasus dan penanganan yang selama ini dilakukan BK DPD RI.

“Penggantian Tata Beracara BK DPD RI akan memuat hal substansi mengenai Komisi Etik yang anggotanya dari internal Anggota DPD RI, proses rehabilitasi yang akan memperjelas proses pemulihan nama baik Anggota, final dan mengikatnya produk hukum BK DPD RI, serta akan lebih memperjelas produk hukum BK DPD RI apakah Putusan atau Keputusan,” jelasnya.

Kedua, penyempurnaan Peraturan DPD RI tentang Tata Tertib dan Kode etik yang akan menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Ketiga, pembentukan Forum Konsultasi Badan Kehormatan yang akan menjadi wadah bagi Badan Kehormatan Dewan seluruh Indonesia guna menyatukan visi dan misi dalam mengemban tugas menjaga harkat, martabat dan kehormatan anggota dan lembaga.

Keempat adalah pelaksanaan rapat gabungan antara Badan Kehormatan bersama seluruh Pimpinan. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top