Anggaran

Melcias Mekeng: Genjot Pajak Harus Perhatikan Iklim Usaha

PARLEMENTARIA.COM – Ketua Komisi XI DPR Melcias Markus Mekeng meminta pemerintah untuk tidak terlalu ketat dalam mengejar penerimaan negara melalui pajak. Jika ingin menggenjot penerimaan negara melalui pajak juga harus dijaga iklim usaha agar tetap berkelanjutan.

Politisi Golkar pun mengingatkan agar pemerintah tidak saja memberikan beban pajak pada pengusaha menengah, tetapi pengusaha besar dibiarkan saja. Misalnya dalam konteks penjualan onine jika diberikan beban pajak dikhawatirkan akan menurun penjualannya.

“Kalau pajak terlalu ketat orang malah takut dan ekonomi enggak bergerak. Tolong sampaikan pada aparat pajak yang diuber-uber jangan itu-itu saja, yang besar malah enggak dipajaki. Online dipajaki, tapi jangan sampai penjualan online melempem,” ucap Mekeng saat Raker dengan Wakil Menkeu Mardiasmo, Kamis, (19/10/2017).

Menangapi hal ini, Mardiasmo akan menerima masukan ini dan akan membicarakannya lebih lanjut dengan tetap menjaga dunia usaha dengan baik dan kondusif. “Fungsi pajak saya kira ini bisa dibicarakan agar dunia usaha baik dan kondusif,” kata Mardiasmo.

Sebagaimana diketahui, target penerimaan perpajakan dalam RAPBN 2018 dipatok Rp1.609,4 triliun atau tumbuh 9,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka yang lebih tinggi ini diharapkan akan mampu mendorong kinerja pemerintah agar lebih baik, namun perlu diperhatikan dari sudut pandang kemampuan masyarakat dalam membayar pajak jika target pajak mengalami kenaikan. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top