Polhukam

Dino Patti Djalal: Perkokoh Posisi, Indonesia Perlu Perkuat Strategi

PARLEMENTARIA.COM– Juru bicara presiden era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Dr Dino Patti Djalal mengatakan, Indonesia perlu memperkuat strategi geopolitik dan globalisasi.

“Untuk memperkokoh posisi di pentas dunia, Indonesia perlu memperkuat sstrategi geopolitik dan globalisasi. “Kita punya dua strategi itu yakni geopolitik dan globalisasi. Kalau berhasil, posisi Indonesia bakal kuat di dunia internasional,” kata Dino di Jakarta, Rabu (19/10).

Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia tersebut mengatakan, strategi geopolitik berkaitan dengan upaya atau cara Indonesia memposisikan diri dalam percaturan strategis negara besar dan juga di kawasan.

Indonesia dipandang cukup aktif di pentas regional dan internasional. Strategi globalisasi berarti bagaimana membuka diri dan memanfaatkannya untuk meningkatkan ekonomi.

Bagaimana Indonesia mampu meraih peluang baik itu pada bidang pariwisata, teknologi, inovasi pendidikan dan juga dari segi perdagangan bebas. “Kita harus memiliki strategi globalisasi yang jelas sekali dan tidak ad hoc dan tidak reaktif,” kata Dino.

Untuk itu, jelas dia, perlu strategi globalisasi di segala lini termasuk di bidang perdagangan bebas, pariwisata dan pendidikan. “Strategi Indonesia masih perlu dibuat komprehensif dan lebih globalization minded. Indonesia harus benar-benar berorientasi pada peluang.”

Dicontohkan, di bidang pariwisata terjadi ledakan turis akibat globalisasi. Untuk itu, Indonesia harus maksimal memanfaatkan peluang untuk mendatangkan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa Indonesia.

Sebagai bagian dari strategi globalisasi, lanjut Dino, Indonesia harus dapat memanfaatkan peluang pendidikan secara global guna menciptakan kader, pemimpin atau pelopor bangsa di masa depan seperti melalui peningkatan jumlah siswa Indonesia yang belajar di luar negeri. (art)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top