Polhukam

Rekonsiliasi Palestina-Hamas Jadi Momentum Mendorong Palestina Capai Kemerdekaan

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar mengapresiasi hasil rekonsiliasi palestina antara Hamas dan Fatah yang berlangsung di Mesir pada hari kamis (12/10/2017).

“Kita bersyukur persatuan Palestina dapat dilakukan setelah hampir 10 tahun ikhtiar. Semoga dengan langkah ini menjadi modal penting dalam mendorong usaha kemerdekaan dan kedaulatan lebih cepat dilakukan.” ucap Rofi Munawar kepada media, di Jakarta, Sabtu (14/10/2017).

Rofi menambahkan, langkah rekonsiliasi ini perlu ditindaklanjuti dengan konsolidasi di tingkat internal Palestina melalui berbagai usaha strategis maupun langkah implementasi yang konkrit. Diantaranya selain secara serius mendorong kemerdekaan, disisi lain juga dengan melakukan segera rekonstruksi dan rehabilitasi kawasan Palestina serta membuka secara maksimal akses terhadap Masjid Al Aqsha dan perbatasan Rafah.

“Alhamdulillah Persatuan Palestina telah terjadi, semoga dapat mendorong dukungan internasional yang semakin luas.” tegas Rofi.

Rekonsiliasi ini telah menghasilkan sejumlah kesepahaman yang dicapai, diantaranya Otoritas Palestina yang didominasi Fatah akan mengambil alih sepenuhnya tanggung jawab administrasi di Jalur Gaza, yang selama ini dikuasai oleh Hamas.

Sebagaimana diketahui dari awal Indonesia tetap konsisten mendukung perjuangan bangsa Palestina sekaligus mendorong langkah-langkah kongkrit menuju kedaulatan negara sebagaimana negara-negara lainnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top