Polhukam

Kapolri: Densus Tipikor Butuh Anggaran Rp2,6 Triliun

PARLEMENTARIA.COM – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan, Polri telah melakukan beberapa langkah pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Densus Tipikor, diantaranya untuk struktur direncanakan akan dipimpin seorang polisi berpangkat bintang dua, serta akan dibentuk satgas-satgas Tipikor di wilayah.

“Jumlah kebutuhan personel 3560 orang bisa dipenuhi dari personel yang ada, sementara anggaran membutuhkan Rp2,6 triliun. Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan KemenPAN/RB, dan hal ini juga sudah disampaikan kepda presiden dua bulan lalu,” terang Kapolri dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, kamis (12/10/2017).

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memohon kepada Komisi III untuk mendukung mempercepat pembentukan Desus Tipikor serta pemenuhan anggaran, sarana dan prasarana pada saat rapat dengan pemerintah.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan KPK dan Kejaksaan Agung dalam pelatihan. Sosialisasi juga sudah dilakukan dalam pencegahan, karena kami menilai penangan tindak pidana korupsi tidak bisa hanya dengan penindakan tanpa diserta perbaikan sistem. Selain itu kami juga telah melakukan kampanye anti korupsi dengan menggerakkan semua jajaran,” terangnya. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top