HeadLine

Ketua DPR Setya Novanto Minta Malaysia Perlakukan TKI Secara Layak

JAKARTA(parlementaria.com) – Ketua DPR RI Setya Novanto meminta Malaysia memperlakukan secara para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Jiran tersebut.

Permintaan itu disampaikan Setyo Novanto saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Malaysia Dato Zahrain Mohammed Hashim, di gedung ke DPR, Rabu (25/1).

Dalam pertemuan yang turut dihadiriKetua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, dan Wakil Ketua Komisi I Meutya Viada Hafid dan Anggota Komisi I Dave Akbarshah Fikarno itu membicarakan hubungan antara kedua negara.

Selain itu juga membahas tentang perekat hubungan kedua negara dalam hal ekonomi, pendidikan, kebudayaan dan juga perhatian pada kasus penindasan muslim Rohingya. “Memang hubungan Indonesia dengan Malaysia bisa dibilang keluarga, dan saling dekat,” ujar Novanto.

Tidak kalah penting disinggung Novanto adalah soal Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia. Dia memintadi Malaysia agar memperlakukannya secara layak.

Tentang perdagangan kelapa sawit agar harganya terkendali, hendaknya bisa diatur secara bersama. Isu-isu perbatasan juga dibahas dalam pertemuan ini, permasalahan laut Cina Selatan, dan pulau Natuna juga tidak luput dari perhatian kedua belah pihak.

Sementara itu, terkait masalah Rohingya, Nurhayati Ali Assegaf menekankan, dia mengajak Malaysia untuk ikut berperan aktif mengatasi kasus penindasan muslim Rohingya. Dia mengatakan sudah berkirim surat kepada Sekjen IPU agar Parlemen Myanmar segera mengatasi masalah Rohingya.

Dato Zahrain Mohammed Hashim mengatakan persahabatan kedua negara bagaikan saudara. Dia juga membicarakan bagaimana memperkuat hubungan people to people.

“Kita telah 60 tahun berkawan, bukan hanya kawan biasa tapi keluarga. Kita akan cari jalan menyelesaikan masalah dan isu-isu kedua negara, supaya kita memperkuat lagi hungan,” paparnya. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top