HeadLine

MPR RI: Pancasila Harus Jadi Pedoman Penyelenggara Negara Buat Kebijakan

JAKARTA– Sebagai ideologi negara, Pancasila harus menjadi pegangan serta pedoman seluruh pejabat penyelenggara negara. Dengan demikian, seluruh keputusannya selalu berdasarkan Pancasila.

Itu dikatakan Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin saat menyampaikan materi sosialisasi empat pilar MPR di hadapan kalangan pemuda di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (9/12) malam.
“Pancasila adalah ideologi negara yang harus dipegang dan dijalankan seluruh pejabat penyelenggara negara. Pejabat harus Pancasilais,” kata wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur tersebut.

Menurut politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut, penyelenggara negara yang Pancasilais dipastikan seluruh keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara sehingga tidak merugikan dan menyakiti rakyat yang diwakilinya.

Pancasila, kata Mahyudin, memiliki lima sila yang bermakna, ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan keadilan sosial. Semuanya ini telah terbukti menjadi perekat bangsa Indonesia yang heterogen.

Mahyudin meyakini, jika penyelenggara negara memegang teguh Pancasila, dipastikan tidak ada kesenjangan sosial di tengah bangsa Indonesia.

“Pancasila ditetapkan para pendiri negara sebagai ideologi dan ini seharusnya terus menjadi pegangan serta dipedomani para pejabat dan penyelenggara negara. Apalagi, saat ini dimana persaingan antar bangsa sangat ketat.”

Menurut Mahyudin, penetrasi budaya asing ke Indonesia sangat kuat dan mempengaruhi kearifan lokal serta perilaku bangsa Indonesia.

Saat ini, kata Mahyudin, nilai-nilai Pancasila semakin tergerus dalam diri bangsa Indonesia. Karena itulah, MPR RI diberikan kewenangan oleh negara sesuai undang-undang untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar yang meliputi, Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top