HeadLine

Ketua MPR dan Ketua DPD Minta Pihak Terkait Segera Tangani Musibah Gempa Aceh

gempa-acehJAKARTA – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan belasungkawa dan keprihatinan yang sedalam-dalanya atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12) mengakibatkan korban jiwa, luka parah serta ratusan bangunan dan rumah mengalami kerusakan hebat.

“Saya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah gempa di Pidie Aceh yang menimbulkan korban jiwa dan luka. Saya mendoakan agar korban yang meninggal diterima di sisi-Nya dan Allah SWT memberikan ketabahan kepada keluarga. Kepada pemerintah daerah dan pihak-pihak yang berkompeten agar segera memberikan bantuan secepatnya kepada korban rakyat terdampak,” ucapnya, di Jakarta, Rabu (7/12).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang terjadi adalah gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,4 SR. Pusat gempa terdeteksi di 5,25 lintang (LU) utara dan 96,24 bujur timur (BT), tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. BMKG memastikan bahwa gempa tidak memicu tsunami.

Guncangan kuat terjadi di beberapa wilayah seperti Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, Lhokseumawe, usugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya, korban jiwa sudah dievakuasi dan puluhan korban luka baik ringan dan berat sudah berada di beberapa rumah sakit seperti RSUD Pidie Jaya dan RSUD di Meureudu. Pihak rumah sakit mengaku sangat kewalahan menangani korban dan sangat membutuhkan obat-obatan dan tambahan tenaga medis.

Secara terpisah, Ketua DPD RI Mohammad Saleh juga menyampaikan ucapan yang sama. “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun. Gempa Pidie Jaya adalah musibah yang ditimpakan oleh Allah SWT yang harus kita hadapi dengan sikap tawakal,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/12).

Saleh mengajak rakyat Indonesia berdoa untuk untuk keselamatan warga Pidie Jaya, seraya memohon ridho Allah SWT agar kita semua selalu dalam rahman dan rahim-Nya. Saleh juga mengajak rakyat Indonesia untuk menyalurkan bantuan keperluan korban seperti makanan, minuman, pakaian, selimut, dan obat-obatan.

Saleh mengharapkan pemangku kepentingan di semua tingkatan untuk berkoordinasi dalam mengerahkan bantuan pencarian dan pertolongan (search and rescue), terutama Basarnas bersama BNPB atau BPBD, serta berkoordinasi dalam mengerahkan personel dan alat-alat berat/ringan.

Diharapkan PMI bergerak cepat seperti mendirikan posko, kantong darah, obat-obatan, kantong jenazah, dan menerjunkan personel. Petugas kesehatan (dokter, perawat) juga diterjunkan ke lokasi.

Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya memperkuat hubungan kerja sama untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam mengurangi risiko dan dampak bencana serta penyakit, sembari meningkatkan komunikasi, edukasi, dan diseminasi data dan informasi gempa, baik kuantitas, kualitas, kelengkapan, dan kemampuan personil untuk berhasilnya operasi SAR. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top