Polhukam

Mendagri: Saat Ini Terdaftar 254.633 Ormas

mendagri-tjahjoJAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa saat ini organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang terdaftar di Indonesia mencapai 254.633 organisasi.

“Jumlah ormas sampai saat ini di Indonesia mencapai 254.633 ormas. Ormas itu terdaftar di berbagai instansi, provinsi dan di daerah kabupaten/kota,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin, (5/12).

Di Kementerian Dalam Negeri sendiri terdaftar sebanyak 287 organisasi. Sementara yang terdaftar di provinsi sebanyak 2.477 organisasi. Dan yang terdaftar di kabupaten atau kota sebanyak 1.807 organisasi.

Kemudian yang terdaftar di Kementerian Luar Negeri atau ormas asing sebanyak 62 dan yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM 250.000 organisasi. “Tentu dengan jumlah ormas yang mencapai ratusan ribu itu, membuktikan jumlah ormas di Indonesia sangat banyak,” kata Tjahjo.

Namun dia tidak tahu dengan pasti berapa ormas yang eksis membantu atau mendukung program pemerintah. Atau ormas yang benar- benar eksis membantu masyarakat dan yang pasif alias tidak melakukan apa-apa.

Bahkan kata Tjahjo, ada pula ormas yang teriak anti Pancasila. “Dalam kontek inilah perlu pevisi UU Ormas,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Ormas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, La Ode Ahmad Fidani mengatakan, saat ini UU Ormas masih dalam proses review internal pemerintah.

Review dilakukan untuk mengevaluasi implementasi UU Ormas tersebut. “Ya apakah sudah sesuai dengan kondisi saat ini,” kata dia. Saat ditanya, apakah revisi UU Ormas untuk mengantisi pasi adanya ormas anti Pancasila, La Ode menjawab, “Kita berharap tidak seperti bank.

Makanya kita antisipasi agar aktivitas ormas tidak bertentangan dengan Pancasila dan kita perlu disiapkan pengaturan untuk payung hukumnya.” Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum yang mengurusi ormas lanjut La Ode, akan segera membentuk tim.

Tim ini yang nantinya akan menyiapkan bahan-bahan untuk revisi UU Ormas. “Akan kita bentuk tim untuk menyiapkan beberapa langkah ke depan,” ujarnya. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top